KUPAS TUNTAS GOOGLE FORM

KUPAS TUNTAS GOOGLE FORM


 TUTORIAL MEMBUAT SOAL ONLINE
MENGGUNAKAN GOOGLE FORMULIR
SAMPAI TUNTAS.....


Assalamu'alaikum Wr, Wb.
Salam Sejahtera Sehabat Bloger.....
Selam Berbagi Itu Indah, Dan Memberi Manfaat itu Pahala....

             Semakin dibutuhkannya pembuatan soal dalam bentuk Online di dunia pendidikan, tentunya kita semakin dituntut untuk membuat berbagai macam jenis tugas harian, baik berupa ulangan harian, Penilaian Tengah Semester dan Peniliaian Akhir Semester dalam bentuk Daring.
            Salah satu tugas Penilaian Ulangan Harian, PTS, atau PAS adalah dengan Bentuk Google Formulir.
            Berikut ini saya akan sedikit berbagi materi Tentang Pengertian dari Google Formulir, namun tidak sebatas itu saja. Artikel ini berisi tentang pengertian google Formulir, manfaat dan Fungsi Google Formulir, sampai mengupas tuntas tentang bagaimana cara pembuatan Soal Online dalam bentuk Google Formulir, termasuk memindahkannya dalam bentuk Microsoft Excel.

DAFTAR ISI :
A. Pengertian Google Formulir
B. Manfaat Google Form
C. Memulai Masuk Ke Google Form
D. Mengatur Google Form Dalam Bentuk Kuis/Soal
E. Membuat/Menginput atau meng-copy Paste Soal
F. Mengatur Batasan Waktu Pengerjaan Soal
G. Mengirimkan Soal Link Melalui WhatsApp
H. Melihat Hasil Pengerjaan Responden atau Jawaban Siswa
I. Memindahkan/Mendownload Hasil Jawaban Dalam Bentuk Ms. Excel

 A.  Pengertian Google Form

Google Form atau dalam Bahasa Indonesia Google Formulir adalah alat yang berguna untuk membantu kita merencanakan acara, mengirim survei, memberikan siswa atau orang lain kuis, atau mengumpulkan informasi yang mudah dengan cara yang efisin. Form juga dapat dihubungkan ke spreadsheet. Jika spreadsheet terkait dengan bentuk, tanggaanpan otomatis akan dikirimkan ke spreadsheet. Jika tidak, pengguna dapat melihat mereka di “Ringkasan Tanggapan” halaman dapat diakses dari menu Tanggapan.


B.  Manfaat Google Form
     Beberapa manfaat yang terdapat dalam google Formulir ini adalah :

1.  Distribusi dan tabulasi online dan real-time

2.   Real time collaboration: 50 orang dapat bekerja dalam satu berkas dalam satu waktu setiap perubahan disimpan secara otomatis.

3.  Aman: menyimpan berkas penting atau tugas sekolah tidak takut hilang atau rusak atau terkena virus.


C. Memulai Masuk Ke Google Form

Salah satu alasan dari banyak pengguna yng mungkin tidak menyadari Google Form adalah bahwa mereka ditemukan bukan sebagai aplikasi terpisah, melainkan sebagai bagian dari Google Drive.

Dengan demikian, untuk membuat formulir baru, kita harus terlebih dahulu login ke gmail atau Google Apps. Dengan Spreadsheets memungkinkan untuk menunjukan bagaimana kita dapat menggunakan software ini untuk mengajukan berbagai pertanyaan, termasuk dimana pengguna akita merespon dengan jawaban teks sederhana atau respon teks lebih lanjut.

1.  Leptop yang sudah siap dengan akses internetnya

2. Naskah Soal yang akan kita input ke dalam Google Form

3.  Aplikasi Snipping Tool yang digunakan sebagai sarana untuk mengcrop soal dalam bentuk gambar

4. Aplikasi Browser, Google Chrome, Safari, Mozilla Firefox, Opera, Internet Explorer, dll

Berikut langkah-langkah untuk memulai membuat Google Form :
1. Buka Browser Google Chrome atau jenis browser lainnya (dalam hal ini saya     menggunkan Google Chrome)

2 .Pastikan terlebih dahulu ke Google agar kita dapat mengakses googel drive

3.  Ketikan Google Drive pada pencarian seperti pada gambar di atas, hingga tampil gambar berikut ini :

4.   Kemudian pilih My Drive seperti yang nampak pada gambar di bawah ini :

5. Maka akan tampil Google Drive kita dimana Kapasitas Google Drive (Versi Gratis) sebesar 15 Gb. Seperti pada gambar.( gambar dibawah ini sudah   terisi beberapa File).

6. Untuk memulai membuat Google Formulir pilih tombol baru (New), atau dapat langsung dengan cara klik tanda + seperti pada gambar berikut, kemuidan pilih Google Formulir, lalu klik menu Formulir Kosong seperti pada gambar berikut :

7. Maka akan tampil seperti pada gambar berikut ini :

Keterangan :
a. United Form : Membuat Judul File
b. United Form : Membuat Nama atau Judul
c. Question : Menu Pertanyaan 
d. Responses : Hasil Jawaban dari Responden atau siswa
e. Add-on :  Menambahkan fungsi-fungsi lainnya seperti FormLimiter, Form Ranger, Form Builder, dan lainnya.
f. Customize : mengubah warna latar belakang warna atau tema
g. Peninjau : melihat dan mengoreksi hasil ketikan Google Formulir yang sudah kita buat
h.Seeting/pengaturan : merubah Google Form dalam bentuk Quiz, mulai dari setelah Umum, Presentasi dan Kuis.
i. Send/Kirim : membagikan link Google Formulir kita kepada orang lain, termusuk meminta data e-mail, membagikan link di perpendek, dan bentuk kuis.
j. Question/pertanyaan : menuliskan pertanyaan atau soal yang kita buat.
k. Opsi : menuliskan pilihan jawaban kepada siswa baik jawaban singkat maupun multiplechoice
l. multiplechoice : merubah bentuk pilihan ganda, termasuk bentuk pertanyaan yang akan kita buat.
m. Tanda + : menambahkan soal
n. Tanda dokumen dengan panah, adalah untuk mengekspor maupun impor pertanyaan
o. Tanda “Tt” adalah untuk membuat judul dan deskripsi baru
p. Tanda gambar adalah untuk menambahkan gambar
q. Tanda “play button” untuk menambahkan video pada form
r. Tanda dua garis horizontal, untuk menambahkan section pada form
s. Tanda “required”, untuk mengatur apakah pertanyaan wajib dijawab atau tidak. Jika ya, maka user yang mengosongi jawabannya akan diberi peringatan agar pertanyaan tersebut diisi jawabannya.
t. Dellete, untuk menghapus Form isian
u. Copy, untuk menambahkan bentuk pertanyaan dari Form

Contoh Dalam bentuk yang sudah terisi :

D.  Mengatur Google Form Dalam Bentuk Kuis/Soal

Mengingat kita akan membuat soal dalam bentuk kuis, alangkah baiknya kita rubah terlebih dahulu settingan yang terdapat pada Google Formulir menjadi sebuah kuis.
Langkah-langkah dalam merubah setingan Google Form adalah sebagai berikut :

Klik ikon Setting (pengaturan) yang terletak di pojok kanan atas bergambar seperti gerigi, sehingga akan tampil pilihan 3 tab menu, yaitu General, Presentation, dan Quizzes.

1. General (Umum)


Keterangan :

Jika kita memberi tanda centang  (þ)

1)   Responden diwajibkan mengumpulkan alamat e-mail

2)   Responden mendapatkan tanda terima yang dikirimkan melalui e-mail

3)   Responden dapat... mengedit setelah mengirimkan jawaban

4)   Responden dapat  melihat hasil formulir seteleh mengirimkan.

     2. Presentation (Presentasi)

Keterangan :

1)   Menampilkan metrik yang memberi tahu responden sejauh mana kemajuan mereka dalam melengkapi formulir.

2)   Memvariasikan urutan pertanyaan dari satu pengguna ke pengguna lain (soal akan diacak atau tidak)

3)   Membuat tautan untuk melengkapi kembali formulir. Langkah ini sangat ideal untuk formulir penagihan

4)   Ubah suaikan pesan penyelesaian formulir Anda dengan mengetikkan pesan pilihan Kita pada kolom di bawah teks ini.

     3. Quizzes (Kuis)

Keterangan :

1)   Geser ke arah kanan (aktifkan) jika kita ingin menjadikan Google Form ini sebagai kuis (soal/pertanyaan)

2)   Merilis langsung nilai siswa setiap pengiriman dari responden, meski sedang digunakan

3)   Merilis nanti setelah melakukan peninjauan secara manual

4)   Menampilkan hasil dari jawaban yang salah dari responden

5)   Menampilkan hasil dari jawaban yang benar dari responden

6)   Menampilkan nilai point hasil dari jawaban responden.



E. Membuat/Menginput atau meng-copy Paste Soal

Sebelum kita membuat atau meng-copu Paste soal yang akan kita input ke dalam Google Formulir, tentunya kita sudah menyiapkan naskah soal yang akan kita input atau kita ketik secara manual.

Berikut contoh naskah soal yang saya siapkan dalam bentuk teks dan gambar, agar sobat blogger dapat memahami cara penginputannya baik dalam bentuk teks maupun gambar.


    1. Input Naskah Soal dalam bentuk teks

Langkah-langkah dalam meng-copy atau menginput naskah soal dalam bentuk teks adalah sebagai berikut :

a. Tuliskan Nama File yang terdapat pada Google Form seperti contoh pada gambar berikut ini :

b. Pada pertanyaan tanpa judul (Untitled Qestion), isikan (tuliskan) nama siswa lengkap dan dan pada bagian Multiple Choice (Pilihan Ganda) pilih jawaban singkat, perti pada gambar di bawah ini :

c. Aktifkan required (wajib di isi) seperti pada gambar berikut :
d. Selanjutnya untuk menambahkan soal atau pertanyaan, klik tanda + yang dilingkari, seprti pada gambar berikut :
e. Langkah selanjutnya ketikan kelas yang akan di ujikan dalam naskah soal tersebut, seperti pada gambar berikut ini :
f. Pada bagian Multiple Choice (Pilihan Ganda), isikan Pilihan Ganda dengan jenis yang di inginkan, contoh jenis pilihan ganda :
Bentuk drop down
Bentuk bulatan
Bentuk kotak

g. Selanjutnya untuk menmbahkan bagian Naskah Soal, Pilih tambahkan bagian. Ketik Naskah Soal pada kolom pertanyaan seperti di atas (membuat Judul seperti pada bagian a )  seperti pada gambar berikut :
h. Untuk memulai menginput atau meng-copy soal, pilih tambah seperti pada langkah nomor d, maka hasilnya :
i. Pada naskah soal, jika bentuk soal akan di acak alangkah baiknya penomoran dapat kita hapus terlebih dahulu sebelum kita darg (blok), lihat gambar di bawah ini :
j. Klik Copy atau gunakan tombol Ctrl+C pada keybord, atau klik kanan copy :
k. Kemudian pindah ke ke Google Form dengan cara klik pada pertanyaan tanpa judul (Untitled Qestion). Lalu klik Kanan Paste atau menggunakan tombol Ctrl+V pada keyboard. Maka akan tampak hasilnya seperti di bawah ini :
l. Untuk pengisian Multiple Choice, langkahnya sama pada saat kita menginput pertanyaan,yakni dengan cara menghapus terlebih dahulu pilihan ganda yang ada apabila kunci jawaban akan di buat secara acak :
m. Drag (blok) pilihan ganda pada naskah soal, kemudian Copy dan paste kan ke dalam Google Formulir. Hasilnya seperti pada gambar di bawah ini :
n. Untuk membuat kunci jawaban dan poin yang akan diberikan jika jawaban benar, pilih Answer Key (Kunci Jawaban) yang terletak di pojok kiri bawah, maka tampilan akan berubah seperti pada gambar berikut :

o. Klik selesi jika kita sudah membuat kunci jawaban dan poin yang kita berikan.
p. Untuk melanjutkan penulisan naskah momor soal selanjutnya, klik tanda tambah, kemudian lakukan sesuai dengan langkah-langkah seperti pada saat kita mengcopy naskah soal yang pertama.


2. Input Naskah Soal dalan bentuk gambar 

Sebelum kita melanjutkan cara menginput atau meng-copy contoh soal dalam bentuk gambar, alangkah baiknya terlebih dahulu kita menyiapkan gambar yang akan kita upload ke dalam soal. Hal ini dikarenakan bentuk gambar tidak bisa kita copy secara langsung, melainkan di uplaod dalam bentuk gambar (format jpeg atau png).

Langkah-langkah dalam merubah soal atau pilihan ganda dalam bentuk gambar adalah sebagai berikut :

a. Buka soal yang berbentuk gambar, kemudian pada Star menu Bukalah aplikasi Snipping Tool (), untuk mempermudah teman-teman dalam mencari aplikasi snipping tool. Lihat videonya di bawah ini :



atau klik di bawah ini :

b. Crooping semua naskah soal yang terdapat gambar, baik dalam bentuk soal pernyataan, pertanyaan atau pilihan ganda.


Adapun langkah-langkah dalam menginput/meng-copy naskah soal dalam bentuk gambar adalah sebagai berikut :

a. Klik tanda + untuk menambahkan soal seperti pada langkah nomor 1d.
b. Pada soal nomor 2, blok pertanyaaannya  kemudian, non aktifkan penomoran dan klik copy (langkahnya sama seperti pada bagian 1,l) :
c. Langkah selanjutnya pindah ke Google Formulir, dan klik Paste pada pertanyaan :
d. Pada pilihan ganda (bentuk gambar), untuk mengupload pilihan jawabannya, klik tanda gambar yang terdapat di sebelah kanan option, lihat gambar :


e. Kemudian cari gambar yang sudah kita crooping dan kita jadikan pilihan ganda pada soal tersebut.
f. Jika sudah selasai. Klik Open.
g. Untuk menambahkan pilihan jawaban, klik tambahkan opsi,kemudan lakukan seterusnya sampai selesai dalam mengupload soal bentuk gambar.
h. Sedangkan untuk langkah dalam membuat kunci jawaban sama seperti dengan kita menginput soal dalam bentuk teks.

Sebagai Catatan :
Bentuk soal yang bisa di input/copy hanya berupa bentuk teks. Sedangkan untuk bentuk gambar, rumus dalam matematika, bahasa arab, dan bahasa inggris (bentuk percakapan) harus kita cropping terlebih dahulu.

F.  Mengatur Batasan Waktu Pengerjaan Soal

Setelah kita selesai menginput atau meng-copy semua soal ke dalam Google Formulir, langkah selanjutnya kita akan memberi batasan waktu pengerjaan soal yang akan kita berikan kepada reponden dalam hal ini siswa.

Untuk memberi batasan waktu pengerjaan soal dapat kita lakukan langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Buka Google Formulir (naskah soal) yang akan kita buat batasan waktu pengerjaan soal.

2. Pada bagian pojok kanan atas pilih Add on (seperti gambar panah).

3. Jika belum ada menu Add on dapat meng-klik tanda titik 3 seperti pada gambar di atas, kemudian pilih Add on. Maka akan tampil kotak dialog berikut :

4. Dalam kotak pencarian ketik FormLimiter, jika sudah ada klik FormLimiter seperti pada gambar berikut ini :

5. Setelah selesai, maka ikon Add On akan tampil di pojok kanan atas. Kemudin klik ikon Add On lalu Pilih FormLimiter sehingga akan tampil kotak dialog seperti di bawah ini :

6. Pilih Set limit, kemudian tunggu sampai kotak dialog pengaturan waktu muncul yang terletak di pojok kakan bawah, lihat gambar di bawah :

7. Pada kotak dialog tersebut terdapat 2 pilihan, yaitu :

a)    Date and Time, mengatur batasan waktu pengerjaan dengan mengisikan tanggal, jam dan isi pesan yang akan disampaikan kepada responden (siswa)

b)    Number of form responses, mengatur batasan jumlah responden (siswa) yang masuk pertama, serta mengisikan batasan maksimal responden.


G. Mengirimkan Soal Dalam Bentuk Link Melalui WhatsApp

Setelah kita selesai melakukan pengaturan batasan waktu atau batasan maksimum responden dan sudah siap, langkah berikutnya bagaimana cara kita mengirimkan naskah soal tersebut kepada responden atau siswa ?

Untuk mengirimkan Form tersebut kita dapat menggunakan ikon Send atau kirim yang terletak di sudut kanan atas, seperti terlihat pada gambar berikut :

Sebenarnya untuk mengirimkan Google Form tersebut, ada 3 menu tab cara yang dapat kita lakukan yaitu e-mail (e-mail), tautan (link) dan HTML (embed). Seperti pada gambar berikut ini :

Sebelum kita mengirimkan naskah soal, tidak ada salahnya kita pahami terlebih dahulu ketiga tab menu tersebut.

a. E-mail (E-mail), kita bisa menulis layaknya sebuah email yaitu alamat email tujuan, memberi subject, isi dari email, dan pilihan apakah langsung memasukkan formnya pada email yang dikirim.

b. Tautan (Link), kita akan mendapatkan link yang bisa diberikan langsung ke orang-orang. Karena cukup panjang, silahkan isi pilihan “shorten url”.

c. HTML (Embed), kita bisa memasang formnya di website dengan cara embed (lihat form yang saya embed di bawah, seperti itulah kira-kira)


Naskah soal atau pun kuis dapat kita kirimkan melalui 2 cara, yaitu dengan menggunakan PC/Leptop dan dapat pula kita kirimkan melalui SmartPhone Android.

Adapun yang akan kita contohkan disini adalah Bagiama cara mengirimkan Link atau tautan soal tersebut dengan menggunakan WhatsApp melalui Leptop/PC.


Berikut langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk mengirimkan Naskah Soal kepada responden/siswa melalui Link dengan menggunakan Aplikasi WhatsApp Web.

1. Dari Google Drive buka Naskah soal yang akan kita kirimkan kepada responden atau siswa

2. Pada Google Chrome buka tab baru untuk menghubungkan WhatsApp SmartPhone ke Leptop

3. Pada pencarian Ketik Wa Web dan enter, kemudian pilih WhatsApp Web sehingga di layar leptop tampil jendela WhatsApp Web seperti di bawah ini :

4. Selanjutnya pindah ke SmartPhone. Buka Setelan bertanda titik tiga ke bawah yang terletak di pojok kanan atas.

5. Kemudian pilih WhatsApp Web.

 

6. Scan (Pindai) Code QR yang ada pada layar leptop ke SmartPhone, agar SmartPhone terhubung ke Leptop atau PC seperti pada gambar berikut :

7. Langkah selanjutnya untuk mengirimkan Link Google Formulir melalui WhatsApp Web. Klik Google Formulir yang akan kita kirim, lalu pilih Send atau kirim.

8. Pilih tab menu Link (Tautan),

9. Centanglah untuk memperpendek link yang akan kita kirimkan. Kumidan klik Salin.

10. Pindah ke Jendela WhatsApp Web. Cari nama WA Groupnya yang akan kita kirim Google Formnya. Lalu Pastekan Link tersebut ke Group WA tersebut.


11. Klik Kirim, secara otomatis Link Google Formulir akan terkirim kepada WA Group atau responden.


Adapun langkah-langkah dalam mengirimkan Google Formulir melalui SmartPhone bisa saya jelaskan secara terpisah. lihat artikelnya di Cara Mengirimkan Google Form Via WhatsApp


H. Melihat Hasil Pengerjaan Responden atau Jawaban Siswa

Dengan menggunakan Google Forms dapat membantu kita mengumpulkan informasi dari banyak teman kita. Misalnya anda dapat mengirimi mereka survei atau untuk mendaftar nomor kontak mereka. Seperti halnya Google Docs,  Google Forms mengizinkan banyak orang yang terlibat untuk mengedit form kita sebelum dikirimkan.

Dengan mengasumsikan anda sudah membuat Form, dan sekarang kita ingin melihat atau menganalisis hasil dari Form yang kita kirimkan.

Dari Google Formulir yang sudah kita berikan kepada responden dan responden selesai mengisi Google Formnya, Maka akan terlihat beberapa responden atau siswa yang sudah menjawab pertanyaan atau soal yang kita berikan, seperti terlihat pada gambar berikut ini :

Adapun langakah-langkah untuk merubah hasil jawaban responden atau siswa ke dalam bentuk Spreadsheet secara online adalah sebagai berikut :

1. Dari gambar di atas pilih responden, kemuidan pilih membuat srpeadsheet

2. Setelah itu kita ditujukkan pada kotak dialog berikut ini, lalu kita pilih buat

3. Maka secara otomatis hasil jawaban responden atau siswa akan dialihkan ke dalam bentuk spreadsheet seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

 

4. Dari hasil Spreadsheet ini kita dapat mengetahui hasil jawaban dari responden atau siswa secara keseluruhan.



I. Memindahkan/Mendownload Hasil Jawaban Dalam Bentuk Ms. Excel

Dari hasil Jawaban responden inilah kita dapat mentransfer hasilnya ke dalam bentuk Ms. Excel dan Google Form juga memfasilitasi transfer hasil responden, sehingga dapat kita kerjakan secara offline.

Adapun langkah-langkah yang kita lakukan untuk mendownload hasil jawaban responden dalam bentuk Ms. Excel adalah sebagai berikut :

1. Klik tanda titik 3 ke bawah seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

2. Kemudian pilih download tanggapan dalam bentuk (.csv)

3. Maka akan terlihat hasil dari yang kita download yang terletak di bawah dalam bentuk rar atau zip.

4. klik Show All untuk melihat hasil yang telah kita download.

5. Pilih Show in Folder


Catatan :

File yang kita download masih dalam bentuk rar atau zip sehingga harus kita ekstrak terlebih dahulu.

Jika kita buka file tersebut masih terlihat kurang rapih mengingat ekstensi yang digunakan adalah .csv, alangkah baiknya saran saya dari file bentuk spreadsheet tersebut kita copy-paste ke dalam bentuk Ms. Excel sehingga hasilnya akan sama dengan file yang ada pada spreadsheet.


Demikianlah artikel tentang Tutorial Membuat Soal Online Menggunakan Google Formulir Sampai Tuntas yang dapat saya bagikan.

Semoga bermanfaat buat sahabat bloger semuanya khususnya para Dewan Guru yang saat ini memang masih membutuhkan tutorial ini.

 

Salam Sejahtera...

Salam Berbagi itu Indah

Salammu’alaikum Wr. Wb.



Download file pdf : 

Link Turial Google Formulir : 

Membuat Soal dengan Google Form pada Leptop/PC

Impor Soal MS. Word pada Google Form Bentuk Gambar







Posting Komentar

0 Komentar