SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2
BAHASA INDONESIA
KELAS 7
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam Sejahtera selalu....
Salam Berbagi Itu Indah, Memberi Manfaat itu Pahala...
Menjelang Penilaian Tengah Semester Genap atau biasa dikenal dengan Ulangan Tengah Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022, devientbelajar.blogspot.com mencoba untuk berbagi soal-soal untuk persiapan Penilaian Tengah Semester Genap, khususnya para siswa dan guru, umumnya para pembaca semuanya.
Berikut di bawah ini soal-soal Penilaian Tengah Semester Genap dalam bentuk Pilihan Ganda dan Soal Essay uraian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas 7.
A. SOAL PILIHAN GANDA
Pilihlah salah satu jawaban yang benar pada salah satu jawaban A, B, C, atau D
Perhatikan teks prosedur berikut!
- Siapkan wajan dan tuangkan
minyak goreng secukupnya, lalu panaskan
dengan api sedang!
- Setelah minyak panas,
masukkan bawang merah, bawang putih, dan
cabai hingga matang dan menimbulkan bau harum!
- Masukkan bahan pelengkap
sesuai dengan selera Anda. Aduk hingga merata dan matang!
- Masukkan telur dan orak-arik
hingga matang
1. Isi teks tersebut termasuk jenis tek prosedur….
a. untuk memainkan
b. untuk menggunakan
c. untuk melakukan
d. untuk membuat
Bacalah kutipan teks prosedur berikut!
Dengan sedikit peduli
mencuci tangan secara benar kita akan terhindar dari penyakit. Selamat
menyongsong hidup sehat!
2. Kutipan
di atas termasuk bagian struktur teks
prosedur ....
a. tujuan
b. bahan dan alat
c. langkah-langkah
d. penutup
Kamu harus mengatur posisi
angklung. Posisi angklung yang benar adalah tabung yang tinggi berada pada
bagian kananmu, .... tabung yang kecil berada pada bagian kirimu. Posisi
angklung harus lurus .... tidak boleh miring.
3. Kata konjungsi yang tepat untuk melengkapi petunjuk
tersebut adalah ....
a. setelah; kemudian
b. dan; atau
c. sedangkan; dan
d. maka; lalu
4. Kalimat berikut yang menggunakan keterangan cara
adalah ....
a. Kupas mangga dengan pisau tajam.
b. Nyalakan kompor dengan korek api
c. Cucilah sayur dengan bersih.
d. Ulangi gerakan selama tiga kali.
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Masukkan buah mangga ke dalam blender.
2) Nyalakan blender dan tunggu hingga seluruhnya
tercampur.
3) Setelah selesai, matikan blender dan tuang jus ke
dalam gelas
4) Siapkan blender
5) Jus mangga siap dihidangkan
6) Masukkan air es dan es batu serta gula secukupnya
5. Urutan yang tepat untuk membuat jus mangga adalah
....
a. 4), 1), 6), 2), 3), 5)
b. 1), 2), 5), 3), 4), 6)
c. 4), 6), 2), 1), 3), 5)
d. 4), 2), 3), 1), 6), 5)
Bacalah kutipan teks berikut!
Penemuan dua jenis begonia
di Taman Nasional Gunung Leuser wilayah Sumatera Utara memberi petunjuk tentang
kekayaan kawasan karst yang masih tersembunyi. Dua begonia itu memiliki
karakteristik yang khas pada daunnya. Keduanya juga merupakan spesies endemik
kawasan karst Leuser yang patut dilestarikan sekaligus dieksplorasi manfaatnya
6. Informasi yang disampaikan pada kutipan teks
tersebut adalah mengenai ….
a. penemuan dua jenis begonia baru
b. kekayaan kawasan karst di Sumatera Utara
c. begonia memiliki
karakteristik yang pada daunnya
d. begonia merupakan spesies
endemik kawasan karst
Bacalah kutipan teks laporan hasil observasi berikut
ini!
Ukuran pohon pisang kates
antara sedang hingga besar. Tingginya bisa mencapai 3 meter. Batang pohon
berwarna hijau dengan lapisan lilin tebal menyelimutinya. Buah-buah pisang
kates tumbuh soliter dengan susunan melingkar tak beraturan.
7. Hal yang dideskripsikan dari teks laporan tersebut,
adalah ….
a. cita rasa pisang kates
b. pola tumbuh buah pisang kates
c. keunikan pisang kates
d. ukuran pohon pisang kates
Bacalah kutipan teks laporan hasil observasi berikut!
Komodo adalah spesies kadal
terbesar di dunia yang hidup di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan
Gili Dasami di Nusa Tenggara.
8. Berdasarkan strukturnya, teks laporan hasil
observasi di atas, adalah bagian struktur…
a. judul
b. pernyataan umum
c. deskripsi bagian
d. simpulan
Bacalah kutipan teks berikut!
Seekor katak aneh yang
bertelur dan meletakkan telur hingga menjadi berudu di dalam pohon ditemukan
kembali di bagian timur laut India setelah 150 tahun. Katak ini terlihat di
alam liar pada tahun 1870
9. Kata kerja yang terdapat dalam kutipan teks di atas
adalah....
a. katak
b. pohon
c. bertelur
d. aneh
Anak rusa dirumpun salak,
Patah taruknya ditimpa genta,
Riuh kerbau tergelak-gelak,
Melihat beruk berkaca mata
10. Puisi
di atas merupakan jenis puisi rakyat yang berbentuk ….
a. pantun
b. syair
c. gurindam
d. seloka
11. Jenis
puisi rakyat yang terdiri atas empat baris dalam satu bait bersajak a-a-a-a
adalah…
a. pantun
b. syair
c. gurindam
d. seloka
Cermatilah gurindam berikut!
Jika hendak mengenal orang mulia,
Lihatlah kepada kelakuan dia
12. Maksud
isi gurindam tersebut adalah ….
a. Bergaullah
dengan orang yang mulia dan tirulah kelakuannya.
b. Kemuliaan
seseorang bergantung pada derajat sosialnya.
c. Kemuliaan
dan derajat seseorang terlihat dari kelakuannya sehari-hari.
d. Lihatlah
kelakuan sehari-hari orang mulia yang kita kenal
Ikan nila dimakan berang-berang
Katak hijau melompat ke kiri
Jika berada dirantau orang,
Baik-baik membawa diri
13. Puisi
lama tersebut berisikan tentang....
a. nasihat
b. teka-teki
c. ajaran
agama
d. kisah
jenaka
Kepala dingin penuh manfaat
Berucap tentang tobat dan shalawat
Berkarya dalam hidup dan manfaat
Berprasangka yang baik dan tepat
14. Makna
“kepala dingin“ pada syair di atas,
adalah....
a. bongkahan
es
b. berpikir
tenang
c. pemarah
d. orang
cerdas
Bacalah pantun berikut!
Sarang garuda di pohon beringin,
Buah kemuning di dalam puan,
Sepucuk surat dilayangkan angin,
Putih kuning sambutlah Tuan.
15. Jumlah
suku kata baris ketiga pantun di atas, adalah ….
a. 10
suku kata
b. 9
suku kata
c. 12
suku kata
d. 11
suku kata
Perhatikan tabel berikut!
16. Perbedaan
antara pantun dan syair yang tepat ditunjukkan oleh nomor ...
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
Perhatikan pantun berikut!
(1) Jalan-jalan ke pasar Lempuyang
(2) .................
(3) Jika ingin selalu sayang
(4) .................
17. Larik
yang tepat untuk melengkapi pantun di atas adalah….
a. (2)
Jangan lupa bawa keranjang
(4) Rajin
mengaji dan sembahyang
b. (2)
Membeli kain barang sehelai
(4) Salat
mengaji janganlah lalai
c. (2)
Jangan lupa membeli nanas
(4) Salat
mengaji janganlah lalai
d. (2)
Jangan lupa bawa keranjang
(4) Salat
mengaji janganlah lalai
Cermatilah ilustrasi berikut ini !
Mereka selalu saja bermusuhan tidak pernah
rukun. Sekarang mereka harus menanggung segala akibat dari perbuatannya.
18. Gurindam
yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah ….
a. Sifat
kurang cermat berpikir akan membawa kerugian.
b. Membuat
perkara amatlah mudah, jika terjadi timbullah gundah
c. Kurang
piker kurang siasat, tentu kelak dirimu tersesat
d. Siapa
mengemari silang sengketa, kelaknya pasti berduka cita.
19. Cerita tentang kehidupan binatang yang berperilaku
menyerupai manusia disebut ....
a. dongeng
b. legenda
c. foklor
d. fabel
Bacalah cuplikan cerita berikut ini!
Akan tetapi, Buaya tidak
peduli. Dia tidak takut kepada Biri-biri itu. Dia naik ke titian itu, membuka
mulutnya besar-besar dan akan melahap Si sulung. Si sulung melompat, menerjang
Buaya dengan tanduknya . Buaya menjerit kesakitan, lalu menjatuhkan dirinya ke
air.
20. Cuplikan cerita di atas termasuk fable karena ….
a. tokohnya Biri-biri dan Buaya
b. terjadi pada masa lalu
c. latarnya terjadi di hutan
d. ceritanya tidak masuk akal
B. SOAL ESSAY URAIAN
1. Telaahlah
pantun di bawah ini!
Jalan-jalan ke tanah Jogja
Jangan lupa sama pacar
Wahai kamu anak remaja
Janganlah suka bertinda kasar
2. Jelaskanlah jenis fabel ditinjau dari pemberian watak dan latarnya !
3. Berikan
perbedaan antara surat Dinas dengan surat Pribadi!
4. Tuliskanlah
unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi!
5. Cermati
ilustrasi berikut ini! Sekolah
SMP Harapan Bakti akan menyelenggarakan lomba baca puisi tingkat SMP
se-kecamatan dalam rangka memperingati hari Pendidikan nasional yang akan
dilaksanakan pada hari Senin-Rabu tanggal 17-19 Februari 2020 pada pukul 08.00
s.d. 14.00 WIB di Aula SMP Harapan Bakti dan bermaksud akan mengundang Sekolah
Purnama Bangsa untuk ikut berpartisipasi
Tulislah
sebuah surat dinas berdasarkan ilustrasi tersebut!
KUNCI JAWABAN ESSAY :
1. Struktur penyajian pantun dua
larik sampiran dan dua larik isi pantun.
Dua larik pertama merupakan pengantar untuk
masuk pada isi larik 3 dan 4.Makna/isi pada larik 1d an 2 dengan larik 3 dan 4
tidak berhubungan. Ditinjau dari jenis
kalimat yang digunakan, pantun larik 1 menggunakan kalimat perintah, larik 2
menggunakan kalimat larangan. Larik 1 dan larik 2 merupakan kalimat berdiri
sendiri. Larik 3 dan 4 merupakan kalimat
larangan kepada anak remaja yang disapa pada larik 3 (wahai)2. Ditinjau dari pemberian watak danlatarnya,
dibedakan fable alami dan fable adaptasi.
Fabel Alami menggunakan watak tokoh binatang seperti pada kondisi alam nyata dan
menggunakan alam sebagai latar (hutan, sungai, dsb).
Fabel Adaptasi adalah fabel yang memberikan watak tokoh dengan mengubah watak aslinya
pada dunia nyata dan menggunakan tempat-tempat lain sebagai latar (di rumah, di
jalan raya).
3. Surat Dinas
Surat dinas adalah
surat yang ditulis dalam situasi formal dan untuk
kepentingan formal. Surat dinas ini dapat ditulis
oleh pribadi atau atas nama suatu lembaga pemerintahan, perusahaan, atau
organisasi yang ditujukan kepada lembaga. Isi dalam surat dinas bersifat resmi.
Dalam menulis surat dinas, ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu penggunaan
bahasanya. Bahasa yang digunakan pada surat dinas ini lebih mudah dibanding
surat pribadi. Surat resmi tidak memerlukan bahasa yang “berbunga-bunga”.
Bahasa surat resmi singkat dan jelas, serta berpola tetap.
Surat Pribad
Surat pribadi adalah
bentuk komunikasi tulis (surat-menyurat) yang dilakukan oleh seseorang kepada
orang lain sebagai pribadi bukan sebagai wakil atau urusan yang berkaitan
dengan kelembagaan/ kedinasan/ resmi.
4. Unsur Buku Nonfiksi
yang dapat dikomentari
1) Bagian cover buku
2) Rincian subbab buku
3) Judul subbab
4) Isi buku
5) Cara menyajikan isi
buku
6) Bahasa yang digunakan
7) Sistematika
Unsur Buku Fiksi
1) Bagian cover buku
2) Rincian subbab buku
3) Judul subbab
4) Tokok dan penokohan
5) Tema cerita
6) Bahasa yang digunakan
7) Penyajian alur cerita
5. Kebijaksanaan Guru,
Pesrta didik menulis surat Dinas
Salamu'alaikum Wr. Wb..
0 Komentar