SOAL PTS B. NDONESIA KELAS 7 SEMESTER 2

SOAL PTS B. NDONESIA KELAS 7 SEMESTER 2

 

SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2
BAHASA INDONESIA
KELAS 7

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam Sejahtera selalu....
Salam Berbagi Itu Indah, Memberi Manfaat itu Pahala...

        Menjelang Penilaian Tengah Semester Genap atau biasa dikenal dengan Ulangan Tengah Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022, devientbelajar.blogspot.com mencoba untuk berbagi soal-soal untuk persiapan Penilaian Tengah Semester Genap, khususnya para siswa dan guru, umumnya para pembaca semuanya.
        
        Berikut di bawah ini soal-soal Penilaian Tengah Semester Genap dalam bentuk Pilihan Ganda dan Soal Essay uraian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia  untuk kelas 7.


A. SOAL PILIHAN GANDA
     Pilihlah salah satu jawaban yang benar pada  salah satu jawaban A, B, C, atau D

Perhatikan teks  prosedur berikut!
Siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng secukupnya, lalu panaskan dengan api sedang! 
Setelah minyak panas, masukkan bawang merah, bawang putih, dan cabai hingga matang dan menimbulkan bau harum!   
Masukkan bahan pelengkap sesuai dengan selera Anda. Aduk hingga merata dan matang!
Masukkan telur dan orak-arik hingga matang

1. Isi teks tersebut termasuk jenis tek prosedur….

      a.  untuk memainkan
      b. untuk menggunakan
      c. untuk melakukan
      d. untuk membuat

Bacalah kutipan teks prosedur berikut!
Dengan sedikit peduli mencuci tangan secara benar kita akan terhindar dari penyakit. Selamat menyongsong hidup sehat!
2. Kutipan  di atas termasuk bagian struktur teks prosedur  ....

      a.  tujuan
      b. bahan dan alat
      c. langkah-langkah
      d. penutup

Kamu harus mengatur posisi angklung. Posisi angklung yang benar adalah tabung yang tinggi berada pada bagian kananmu, .... tabung yang kecil berada pada bagian kirimu. Posisi angklung harus lurus .... tidak boleh miring.
3. Kata konjungsi yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah ....

      a. setelah; kemudian
      b. dan; atau   
      c. sedangkan; dan
      d. maka; lalu

4. Kalimat berikut yang menggunakan keterangan cara adalah ....

      a.  Kupas mangga dengan pisau tajam.
      b. Nyalakan kompor dengan korek api
      c. Cucilah sayur dengan bersih.
      d. Ulangi gerakan selama tiga kali.

Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1) Masukkan buah mangga ke dalam blender.
2) Nyalakan blender dan tunggu hingga seluruhnya tercampur.
3) Setelah selesai, matikan blender dan tuang jus ke dalam gelas
4) Siapkan blender
5) Jus mangga siap dihidangkan
6) Masukkan air es dan es batu serta gula secukupnya    
5. Urutan yang tepat untuk membuat jus mangga adalah ....

      a.  4), 1), 6), 2), 3), 5)
      b. 1), 2), 5), 3), 4), 6)
      c. 4), 6), 2), 1), 3), 5)
      d. 4), 2), 3), 1), 6), 5)

Bacalah kutipan teks berikut!
Penemuan dua jenis begonia di Taman Nasional Gunung Leuser wilayah Sumatera Utara memberi petunjuk tentang kekayaan kawasan karst yang masih tersembunyi. Dua begonia itu memiliki karakteristik yang khas pada daunnya. Keduanya juga merupakan spesies endemik kawasan karst Leuser yang patut dilestarikan sekaligus dieksplorasi manfaatnya 
6. Informasi yang disampaikan pada kutipan teks tersebut adalah mengenai ….

      a. penemuan dua jenis begonia baru
      b. kekayaan kawasan karst di Sumatera Utara
      c. begonia memiliki karakteristik yang pada daunnya
      d. begonia merupakan spesies endemik kawasan karst

Bacalah kutipan teks laporan hasil observasi berikut ini!
Ukuran pohon pisang kates antara sedang hingga besar. Tingginya bisa mencapai 3 meter. Batang pohon berwarna hijau dengan lapisan lilin tebal menyelimutinya. Buah-buah pisang kates tumbuh soliter dengan susunan melingkar tak beraturan.
7. Hal yang dideskripsikan dari teks laporan tersebut, adalah ….

      a. cita rasa pisang kates 
      b. pola tumbuh buah pisang kates
      c. keunikan pisang kates
      d. ukuran pohon pisang kates

Bacalah kutipan teks laporan hasil observasi berikut!
Komodo adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara.
8. Berdasarkan strukturnya, teks laporan hasil observasi di atas, adalah bagian struktur…

      a. judul 
      b. pernyataan umum
      c. deskripsi bagian
      d. simpulan

Bacalah kutipan teks berikut!
Seekor katak aneh yang bertelur dan meletakkan telur hingga menjadi berudu di dalam pohon ditemukan kembali di bagian timur laut India setelah 150 tahun. Katak ini terlihat di alam liar pada tahun 1870
9. Kata kerja yang terdapat dalam kutipan teks di atas adalah....    

      a. katak
      b. pohon 
      c. bertelur
      d. aneh

Anak rusa dirumpun salak,
Patah taruknya ditimpa genta,
Riuh kerbau tergelak-gelak,
Melihat beruk berkaca mata
10. Puisi di atas merupakan jenis puisi rakyat yang berbentuk ….

      a. pantun
      b. syair
      c. gurindam
      d. seloka

11. Jenis puisi rakyat yang terdiri atas empat baris dalam satu bait bersajak a-a-a-a adalah…

      a. pantun 
      b. syair
      c. gurindam
      d. seloka

Cermatilah gurindam berikut!
Jika hendak mengenal orang mulia,
Lihatlah kepada kelakuan dia
12. Maksud isi gurindam tersebut adalah ….

      a.  Bergaullah dengan orang yang mulia dan tirulah kelakuannya.
      b. Kemuliaan seseorang bergantung pada derajat sosialnya.
      c. Kemuliaan dan derajat seseorang terlihat dari kelakuannya sehari-hari.
      d. Lihatlah kelakuan sehari-hari orang mulia yang kita kenal

Ikan nila dimakan berang-berang
Katak hijau melompat ke kiri
Jika berada dirantau orang,
Baik-baik membawa diri
13. Puisi lama tersebut berisikan tentang....

      a. nasihat
      b. teka-teki
      c. ajaran agama
      d. kisah jenaka

Kepala dingin penuh manfaat
Berucap tentang tobat dan shalawat
Berkarya dalam hidup dan manfaat
Berprasangka yang baik dan tepat
14. Makna “kepala dingin“  pada syair di atas, adalah....

      a. bongkahan es     
      b. berpikir tenang
      c. pemarah
      d. orang cerdas

Bacalah pantun berikut!
Sarang garuda di pohon beringin,
Buah kemuning di dalam puan,
Sepucuk surat dilayangkan angin,
Putih kuning sambutlah Tuan.
15. Jumlah suku kata baris ketiga pantun di atas, adalah ….

      a. 10 suku kata 
      b. 9 suku kata
      c. 12 suku kata
      d. 11 suku kata

Perhatikan tabel berikut!
16. Perbedaan antara pantun dan syair yang tepat ditunjukkan oleh nomor ...

      a. 1 
      b. 2
      c. 3
      d. 4

Perhatikan pantun berikut!
(1) Jalan-jalan ke pasar Lempuyang
(2) .................
(3) Jika ingin selalu sayang
(4) .................
17. Larik yang tepat untuk melengkapi pantun di atas adalah….

      a. (2) Jangan lupa bawa keranjang
          (4) Rajin mengaji dan sembahyang
      b. (2) Membeli kain barang sehelai
          (4) Salat mengaji janganlah lalai
      c. (2) Jangan lupa membeli nanas
          (4) Salat mengaji janganlah lalai
      d. (2) Jangan lupa bawa keranjang
          (4) Salat mengaji janganlah lalai

Cermatilah ilustrasi berikut ini !
Mereka selalu saja bermusuhan tidak pernah rukun. Sekarang mereka harus menanggung segala akibat dari perbuatannya.
18. Gurindam yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah ….

      a. Sifat kurang cermat berpikir akan membawa kerugian. 
      b. Membuat perkara amatlah mudah, jika terjadi timbullah gundah
      c. Kurang piker kurang siasat, tentu kelak dirimu tersesat
      d. Siapa mengemari silang sengketa, kelaknya pasti berduka cita.

19. Cerita tentang kehidupan binatang yang berperilaku menyerupai manusia disebut ....

      a. dongeng 
      b. legenda
      c. foklor
      d. fabel

Bacalah cuplikan cerita berikut ini!
Akan tetapi, Buaya tidak peduli. Dia tidak takut kepada Biri-biri itu. Dia naik ke titian itu, membuka mulutnya besar-besar dan akan melahap Si sulung. Si sulung melompat, menerjang Buaya dengan tanduknya . Buaya menjerit kesakitan, lalu menjatuhkan dirinya ke air.
20. Cuplikan cerita di atas termasuk fable karena ….

      a. tokohnya Biri-biri dan Buaya 
      b. terjadi pada masa lalu
      c. latarnya terjadi di hutan
      d. ceritanya tidak masuk akal

B. SOAL ESSAY URAIAN     

    1. Telaahlah pantun di bawah ini!
        Jalan-jalan ke tanah Jogja
        Jangan lupa sama pacar
        Wahai kamu anak remaja
        Janganlah suka bertinda kasar    

    2. Jelaskanlah jenis fabel ditinjau dari pemberian watak dan latarnya !

        
    3. Berikan perbedaan antara surat Dinas dengan surat Pribadi!    

    4. Tuliskanlah unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi!  

    5. Cermati ilustrasi berikut ini!     
        Sekolah SMP Harapan Bakti akan menyelenggarakan lomba baca puisi tingkat SMP se-kecamatan dalam rangka memperingati hari Pendidikan nasional yang akan dilaksanakan pada hari Senin-Rabu tanggal 17-19 Februari 2020 pada pukul 08.00 s.d. 14.00 WIB di Aula SMP Harapan Bakti dan bermaksud akan mengundang Sekolah Purnama Bangsa untuk ikut berpartisipasi

        Tulislah sebuah surat dinas berdasarkan ilustrasi tersebut!
 


SELAMAT BEKERJA
SEMOGA SUKSES...........


KUNCI JAWABAN ESSAY :
1. Struktur penyajian pantun  dua larik sampiran dan dua larik isi pantun.
Dua larik pertama merupakan pengantar untuk masuk pada isi larik 3 dan 4.Makna/isi pada larik 1d an 2 dengan larik 3 dan 4 tidak berhubungan. Ditinjau dari jenis kalimat yang digunakan, pantun  larik 1  menggunakan kalimat perintah, larik 2 menggunakan kalimat larangan. Larik 1 dan larik 2 merupakan kalimat berdiri sendiri. Larik 3 dan 4 merupakan  kalimat larangan kepada anak remaja yang disapa pada larik 3 (wahai)

2. Ditinjau dari pemberian watak danlatarnya, dibedakan fable alami dan fable adaptasi.
    Fabel Alami menggunakan watak tokoh binatang seperti pada kondisi alam nyata dan menggunakan alam sebagai latar (hutan, sungai, dsb).
    Fabel Adaptasi adalah fabel yang memberikan watak tokoh dengan mengubah watak aslinya pada dunia nyata dan menggunakan tempat-tempat lain sebagai latar (di rumah, di jalan raya).

3. Surat Dinas
    Surat dinas adalah surat yang ditulis dalam situasi formal dan untuk
kepentingan formal. Surat dinas ini dapat ditulis oleh pribadi atau atas nama suatu lembaga pemerintahan, perusahaan, atau organisasi yang ditujukan kepada lembaga. Isi dalam surat dinas bersifat resmi. Dalam menulis surat dinas, ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu penggunaan bahasanya. Bahasa yang digunakan pada surat dinas ini lebih mudah dibanding surat pribadi. Surat resmi tidak memerlukan bahasa yang “berbunga-bunga”. Bahasa surat resmi singkat dan jelas, serta berpola tetap.
    Surat Pribad
    Surat pribadi adalah bentuk komunikasi tulis (surat-menyurat) yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain sebagai pribadi bukan sebagai wakil atau urusan yang berkaitan dengan kelembagaan/ kedinasan/ resmi.

4.  Unsur Buku Nonfiksi yang dapat dikomentari
    1) Bagian cover buku
    2) Rincian subbab buku
    3) Judul subbab
    4) Isi buku
    5) Cara menyajikan isi buku
    6) Bahasa yang digunakan
    7) Sistematika

    Unsur Buku Fiksi
    1) Bagian cover buku
    2) Rincian subbab buku
    3) Judul subbab
    4) Tokok dan penokohan
    5) Tema cerita
    6) Bahasa yang digunakan
    7) Penyajian alur cerita

5. Kebijaksanaan Guru, Pesrta didik menulis surat Dinas

Demikikanlah contoh soal-soal Penilaian Tengah Semester Genap  yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat buat sahabat blogger semua.

Salamu'alaikum Wr. Wb..

Posting Komentar

0 Komentar