SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn)
KELAS 7
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam Sejahtera selalu....
Salam Berbagi Itu Indah, Memberi Manfaat itu Pahala...
Menjelang Penilaian Akhir Tahun atau biasa dikenal dengan Ulangan Kenaikan Kelas untuk kelas 7 dan 8 , devientbelajar.blogspot.com mencoba untuk berbagi soal-soal untuk persiapan PAT atau UKK, khususnya para siswa kelas 7 dan guru, umumnya para pembaca semuanya.
Namun perlu di ingat soal-saol ini jangan di jadikan sebagai acuan yang mutlak bagi para siswa khususnya kelas 7 yang akan menghadapi Ulangan Kenaikan Kelas, sekedar untuk bahan referensi belajar bagi siswa kelas 7 khususnya.
Berikut di bawah ini soal-soal Penilaian Akhir Semester dalam bentuk Pilihan Ganda dan Soal Essay uraian Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) untuk kelas 7.
A. SOAL PILIHAN GANDA
Pilihlah salah satu jawaban yang benar pada salah satu jawaban A, B, C, atau D
1. Perhatikan rumusan dasar negara yang diajukan para pendiri negara pada tabel berikut.
Moh Yamin mengemukakan dua (2) rumusan dasar negara yang berbeda secara lisan dan tertulis yaitu rumusan yang ditunjukan nomor ...
a. (I) dan (II)
b. (II) dan (III)
c. (I) dan (IV)
d. (II) dan (IV)
2. Istilah Pancasila dimunculkan pertama kali (lahir) pada tanggal 01 Juni 1945, tetapi sebagai dasar negara secara hukum ditetapkan pada tanggal ….
a. 29 Mei 1945, karena pertama kali sidang BPUPKI diselenggarakan untuk membahas perumusan Pancasila sebagai dasar Negara
b. 01 Juni 1945, karena pertama kali Soekarno mengusulkan Pancasila sebagai philosophische grondslag dan weltanschauung
c. 17 Agustus 1945, karena bersamaan dengan dideklarasikan proklamasi kemerdekaan Indonesia
d. 18 Agustus 1945, karena pengesahan UUD Tahun 1945 dalam satunaskah dengan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi NKRI
3. Perhatikan beberapa sidang berikut ini.
1) Sidang BPUPKI I
2) Sidang Panitia Delapan
3) Sidang Panitia Sembilan
4) Sidang PPKI I
Kegiatan penetapan Pancasila sebagai dasar negara ditunjukkan oleh sidang nomor …
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
4. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Menetapkan APBN
(2) Mengangkat menteri sebagai pembantu presiden
(3) Pengesahan UUD Tahun 1945
(4) Memilih Ir. Soekarno sebagai presiden dan Drs. Moh Hatta sebagai wakil presiden
(5) Membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) untuk membantu tugas presiden sebelum dibentuk DPR/MPR
Pernyataan yang menunjukkan hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 adalah nomor ...
a. (1),(2), dan (3)
b. (1),(2), dan (5)
c. (2),(4), dan (5)
d. (3),(4), dan (5)
5. Pada saat sidang BPUPKI I, para tokoh perumus Pancasila mengutamakan jiwa kebersamaan. Jiwa kebersamaan yang timbul dari para tokoh perumus Pancasila saat itu diwujudkan dalam bentuk sikap ....
a. melindungi hak golongan minoritas
b. mengutamakan golongan mayoritas
c. mengedepankan semangat persatuan bangsa
d. menghargai orang lain yang berpendapat sama
6. Perhatikan fakta sejarah berikut.
Sebelum sidang PPKI dimulai, Mohammad Hatta mengajak Ki Bagus Hadikusumo, K.H Wahid Hasyim, Mr. Kasman Singodimedjo, dan Mr. Teuku Mohammad Hasan mengadakan suatu rapat pendahuluan untuk membahas aspirasi mengenai keberatan rumusan dasar negara sila pertama dalam Piagam Jakarta dari Rakyat Indonesia Timur yang diwakili oleh J. Latuharhary. Mohammad Hatta memberikan usul agar tujuh kata di belakang kata Ketuhanan dalam Piagam Jakarta dihapus. Setelah melalui pembicaraan yang panjang agar tidak terpecah sebagai bangsa, tokoh pendiri bangsa bermusyawarah dan bermufakat untuk mengubah rumusan Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya menjadi Ketuhanan yang Maha Esa. Komitmen yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam fakta sejarah tersebut adalah ...
a. toleransi antar umat beragama yang kuat di kalangan umat Islam
b. mengutamakan kepentingan bangsa dan persatuan bangsa Indonesia
c. mengutamakan kepentingan para pendiri Negara Republik Indonesia
d. para pendiri negara peduli dan memperhatikan aspirasi Rakyat Indonesia Timur
7. Di desa Kibin Kabupaten Serang nampak suasana tertib, aman, tenteram dan damai yang merupakan dambaan setiap warga. Suasana tersebut bias diwujudkan dengan adanya penegakkan hukum. Hal ini sejalan dengan tujuan ditetapkannya hukum di masyarakat yaitu …
a. melindungi warga yang lemah
b. mengatur kewajiban anggota masyarakat.
c. mewujudkan masyarakat adil dan makmur
d. mencegah tindakan sewenang-wenang.
8. Perhatikan pernyataan-pernyataan dibawah ini!
(1) Kamu tidak boleh mencuri milik orang lain
(2) Kamu harus berlaku jujur
(3) Kamu harus menaati peraturan lalu lintas
(4) Kamu harus berbuat baik terhadap sesama manusia.
(5) Kamu harus beribadah terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Contoh perilaku yang sesuai dengan norma kesusilaan ditunjukkan oleh pernyataan nomor …
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (2), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (5)
9. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
(1) Menjaga nama baik sekolah
(2) Mematuhi tata tertib sekolah
(3) Mengerjakan PR di sekolah.
(4) Menjaga kebersihan sekolah
(5) Menyeberang jalan di tempat penyeberangan.
Dari pernyataan-pernyataan tersebut, yang termasuk contoh kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan di sekolah ditunjukan pada nomor ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (2), dan (5)
d. (1), (4), dan (5)
10. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
(1) memahami peraturan perundangan yang berlaku
(2) menegakkan kepastian hukum
(3) mempertahankan tertib hukum.
(4) tidak menimbulkan kerugian bagi diri sendiri
(5) dipuji oleh masyarakat pada umumnya
Dari pernyataan di atas, seseorang yang memiliki kepatuhan hokum akan memiliki kesadaran untuk melakukan hal-hal seperti pada pernyataan nomor ….
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (2), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (5)
11. Cermati gambar di bawah ini!
Jumlah pelanggaran lalu-lintas yang dilakukan pengendara motor pada gambar di atas adalah ...
a. 1 jenis pelanggaran
b. 2 jenis pelanggaran
c. 3 jenis pelanggaran
d. 4 jenis pelanggaran
12. Perhatikan pernyataan berikut ini :
- Sidang BPUPKI ke- 1 Perumusan dasar negara (Pancasila)
- Sidang BPUPKI ke-2 merancang UUD
- Sidang PPKI menetapkan UUD tahun 1945
Dari penyataan di atas penetapan UUD tahun 1945 pada tanggal ....
a. 01 Juni 1945
b. 22 Juni 1945
c. 17 Agustus 1945
d. 18 Agustus 1945
13. Setiap daerah di Indonesia memiliki bahasa daerah. Perbedaan bahasa dapat menyebabkan komunikasi antardaerah terganggu. Melalui bahasa Indonesia seluruh rakyat Indonesia dapat berkomunikasi dan saling mengerti. Berdasarkan uraian tersebut bahasa Indonesia dapat menciptakan ….
a. kerukunan dan ketertiban
b. kemudahan dan kebahagiaan hidup
c. ketenteraman hidup dalam keberagaman
d. persatuan dalam keberagaman
14. Salah satu suku yang menetap di pegunungan bagian utara Sulawesi Selatan negara Indonesia dan memiliki keunikan upacara kematian bernama rambu solo’ adalah suku ….
a. Toraja
b. Dayak
c. Bugis
d. Sunda
15. Sikap menghargai keberagaman yang tumbuh dalam masyarakat di tunjukkan dengan …
a. mengganggap rendah suku bangsa lain
b. mencela tradisi yang berkembang dalam masyarakat
c. mengejek adat istiadat suku bangsa daerah lain
d. menyaksikan festival budaya antar daerah
16. “Masyarakat Badui terdiri dari Badui dalam dan Badui Luar. Masyarakat Badui dalam memiliki kebiasaan yang berbeda dengan kita, mereka mempertahankan budaya yang turun temurun dari nenek moyangnya, mereka juga sulit menerima perkembangan dan kemajuan zaman.”
Sikap kita terhadap kebiasaan mereka adalah ….
a. menghormati adat istiadat yang ada di dalam masyarakat tersebut
b. memberikan pemahaman kepada mereka untuk berubah
c. memberikan pendidikan kepada remaja agar mengikuti perkembangan
d. melaporkan kepada pemerintah keadaan mereka yang sebenarnya
17. “ Masyarakat Indonesia memiliki beraneka ragam budaya , seperti pakaian adat, rumah adat, makanan khas, senjata tradisional, tarian dan lagu-lagu daerah”
Dampak positif dari keanekaragaman budaya adalah ….
a. keberagaman akan menjadi penyebab konflik social
b. mewajibkan kepada masyarakat mempelajari budaya
c. keanekaragaman budaya menjadi aset pariwisata
d. menunjukkan banyaknya suku bangsa dan budaya nasional
18. Perhatikan pernyataan dibawah ini :
- Tari panji Semiring
- Tari Puspanjali
- Tari Barong
- Tari Legong
- Tari Trunajaya
Pernyatan di atas jenis tarian berasal dari Provinsi ….
a. Papua
b. Aceh
c. Bali
d. Gorontalo
19. Salah satu upaya perilaku melestarikan budaya daerah agar tidak punah adalah ….
a. melaksanakan lomba antarkelas yang menampilkan budaya daerah
b. menceritakan budaya daerah masing-masing
c. menghormati perbedaan budaya daerah
d. mempelajari budaya daerah lain
20. Contoh keanekaragaman masyarakat di bidang budaya adalah ....
a. agama,warna kulit dan alat music
b. agama,kepercayaan dan keyakinan
c. bentuk wajah,warna kulit dan jenis rambut
d. jenis makanan,desain pakaian dan bentuk rumah tinggal
21. Perilaku dan semangat
kebangsaan seorang pelajar dalam mempertahankan keberagaman budaya dan bangsa
diwujudkan dengan ….
a. mempelajari dan menguasai salah
satu seni budaya sesuai dengan minat dan kesenangannya
b. tidak peduli dengan
keanekaragaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia
c. menerima semua budaya asing
yang masuk ke Indonesia
d. merasa bangga terhadap budaya
bangsa lain
22. Rwaneka dhatu winuwus Buddha
Wisma, Bhinnki rakwa ring apan kena parwanosen mangka ng jinatwa kalawan
siwatatwa tunggal, Bhinneka tunggal ika tan hana dharma mangrwa”. Pernyataan ditersebut
tertulis pada kitab ....
a. Mpu Gandring
b. Mpu Pak Pranca
c. Mpu Santoso
d. Mpu Tantular
23. Kita selaku bangsa Indonesia
mempunyai kewajiban untuk selalu melestarikan persatuan dan kesatuan dalam
negara yang bersemboyan ....
a. Bhineka Tunggal Ika
b. Saka bayangkara
c. Pancawarsa
d. Pancasila
24. Perhatikan pernyataan di bawah
ini!
(1) Menonjolkan perbedaan agama dan
suku
(2) Memperkuat penegakan hukum
(3) Pertikaian para elite politik
(4) Jaminan kesehatan bagi warga
kurang mampu
(5) Korupsi
Pernyataan
yang menunjukkan perbuatan yang dapat merusak keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika adalah ….
a. (1),(2)
dan (3)
b. (2),(3)
dan (5)
c. (1),(3)
dan (5)
d. (3),(4)
dan (5)
25. Contoh kegiatan gotong royong
yang dilandasi semanga kerjasama misalnya manunggal sakato di daerah ....
a. Jawa
b. Sumatra Barat
c. Minahasa
d. Bali
26. Arti pentingnya kerja sama
dalam berbagai kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara adalah sebagai
berikut, kecuali ….
a. memperkaya diri sendiri dan
keluarga
b. semangat gotong royong dan
kekeluargaan
c. memperkokoh persatuan dan
kesatuan bangsa
d. memperkuat persatuan dan
kesatuan bangsa
27. Berikut prilaku kerja sama
dalam bidang social politik, kecuali …
a. partisipasi dalam pemilihan
kades
b. turut serta dalam pemilihan
umum
c. turut serta dalam pemilihan
presiden
d. menghargai sesama dalam
pemilihan umum
28. “Perekonomian disusun sebagai
usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan” Terdapat dalam UUD tahun 1945
pasal ….
a. 27 ayat (3)
b. 28 ayat (3)
c. 30 ayat (1)
d. 33 ayat (1)
29. Perhatikan gambar berikut ini :
Gambar diatas menunjukan kerja
sama di bidang ….
a. ekonomi
b. sosial politik
c. antar umat beragama
d. kehidupan sekolah
30. “Tiap-tiap warga negara berhak
dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara” merupakan
bunyi pasal …. UUD tahun 1945.
a. 27 ayat (3)
b. 28 ayat (3)
c. 30 ayat (1)
d. 33 ayat (1)
31. Perhatikan pernyataan berikut
ini :
(1) Melindungi bangsa dari ancaman
dan gangguan
(2) Mempertahankan kedaulatan
negara
(3) Memperkuat kedudukan militer
(4) Menjaga keutuhan wilayah
Tujuan kerja sama dalam bidang
pertahanan dan keamanan ditunjukan oleh nomor ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (4)
32. Perhatikan pernyataan berikut :
- cinta tanah air
- Rela berkorban
- Kesadaran berbangsa dan bernegara
- Kenyakinan pancasila sebagai idiologi Negara
Pernyataan di atas menunjukan
nilai dasar …
a. kerja sama
b. bela negara
c. gotong royong
d. persatuan Indonesia
33. Kerja sama antar umat beragama
ditandai dengan adanya sikap sebagai berikut, kecuali …
a. sikap saling menghormati hak
dan kewajiban umat beragama
b. sikap fanatik sempit,
individualis, ekslusivisme, dan primordialisme
c. saling menghormati umat seagama
dan berbeda agama
d. saling menghormati lembaga
keagamaan yang seagama dan berbeda agama
34. Contoh perwujudan kerjasama
dalam lingkungan sekolah , kecuali ….
a. membentuk kelompok belajar di
kelas
b. merawat taman dan halaman
sekolah
c. membuat majalah didinding
disekolah
d. mengunjungi korban bencana
longsor
35. Semangat kerja sama dalam
kehidupan di masyarakat terwujud dalam kegiatan ….
a. jual beli di pasar
b. arisan ibu-ibu pengajian
c. upacara bendera setiap hari
senin
d. gotong royong membersihkan
selokan
36. Pajak dugunakan oleh negara
untuk membiayai pembangunan nasional.
Pernyataan diatas tercantum dalam UUD NRI tahun 1945 pasal ...
a. 22 A
b. 23 A
c. 23 B
d. 24 A
37. Perhatikan pernyataan dibawah
ini :
(1) Mempertahankan dan mengisi kemerdekaan
(2) Menikmati hasil pembangunan
(3) Menghormati jasa pahlawan
(4) Mengisi kemerdekaan dengan
pembangunan
Dari pernyataan-pernyataan di
atas, sikap setia terhadap proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ada pada
nomor …
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (4)
38. Wewenang untuk mengatur sendiri
pemerintahan dan kepentingan masyarakat sesuai perundang-undangan merupakan
pengertian dari ….
a. Desentralisasi
b. Otonomi Daerah
c. Daerah Otonom
d. Dekonsentrasi
39. Berdasarkan UU No. 32 Tahun
2004, Setiap daerah mempunyai kewenangan yaitu seluruh bidang Pemerintahan,
kecuali kewenangan dalam bidang …
a. membuat mata uang rupiah
menurut kebutuhan daerah
b. menetapkan anggaran pendapatan
dan belanja daerah
c. membuat peraturan perundangan
yang berlaku di daerah
d. merencanakan melaksanakan
pembangunan daerah
40. Dalam rangka pelaksanaan
Otonomi Daerah, maka pemerintah pusat memberikan kewenangan kepada pemerintah
daerah. Salah satu contoh keewenangan pemerintah daerah adalah …
a. penanganan kesehatan dan
pendidikan nasional
b. menjalin kerjasam luar negeri
dan penyusunan anggaran APBN
c. pelaksanaan politik luar ngeri
dan penyusunan anggaran APBN
d. penyusunan kebijakan moneter
dan pertahanan Keamanan
41. Pemerintah pusat dalam
menyelenggarakan pemerintahan di daerah otonom menggunakan asas ...
a. desentralisasi, tugas
pembantuan dan otonomi
b. otonomi, tugas pembantuan dan
dekonsentrasi
c. dekonsentrasi, kemajemukan dan
tugas pembatuan
d. dekonsentrasi, desentralisasi
dan tugas pembantuan
42. Pangeran Diponegoro merupakan
pahlawan yang melawan penjajah Belanda menggunakan taktik perang gerilya.
Diponegoro marah ketika Belanda bertindak sewenang-wenang dengan merusak tanah
makam leluhur Diponegoro. Karakter positif Pangeran Diponegoro yang perlu kita
teladani adalah …
a. berani melawan Belanda dengan
senjata sederhana
b. ingin menguasai wilayah yang
sudah dikuasai Belanda
c. mempertahankan harkat dan
martabat rakyat Indonesia
d. memiliki fisik yang kuat
sehingga lincah dalam bergerilya
43. “Perjuangan merebut kemerdekaan
Indonesia diawali dengan perjuangan yang besifat kedaerahan, para pahlawan rela
mengorbankan jiwa dan raga demi kemerdekaan Indonesia”. Peran daerah dalam
memperjuangkan kemerdekaan adalah ....
a. setiap daerah harus menghormati
dan menghargai jasa para pahlawan
b. seluruh daerah di indonesia
memiliki peranan penting dalam perjuangan merebut kemerdekaan
c. wilayah jawa,madura dan Bali
merupakan titik sentral pemerintahan Indonesia sebelum merdeka
d. masing masing daerah
berkewajiban memperjuangkan kemerdekaanya sendiri
44. 1. Nasionalisme dan patriotisme
dibutuhkan bangsa Indonesia untuk menjaga kelangsungan hidup dan kejayaan
bangsa serta negara. Hal ini diwujudkan dalam bentuk kerelaan para pahlawan
bangsa untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan dengan mengorbankan jiwa
dan raga. Jiwa dan semangat bangsa Indonesia untuk merebut kemerdekaan sering
disebut sebagai “Jiwa dan Semangat `45”. Jiwa dan Semangat `45 ini dapat
diterapkan dalam kehidupan sehari hari dengan ….
a. memiliki jiwa ksatria dan
kebesaran jiwa yang tidak mengandung balas dendam
b. mengharap imbalan dan melempar
tanggung jawab kepada orang lain
c. membantu jika memiliki tujuan
tertentu yang diinginkan
d. tidak peduli terhadap sahabat
yang sedang kesusahan
45. Bacalah wacana berikut!
R.A. Kartini merupakan tokoh
pergerakan wanita. Beliau berjuang demi pemenuhan hakhak wanita. Pemikiran
tentang emansipasi wanita memberikan pandangan baru kepada wanita saat itu
tentang pentingnya menuntut ilmu. Wanita juga harus berkontribusi kepada
bangsa, seperi layaknya kaum pria.
Dalam konsep gender, wanita dan
pria memiliki kedudukan yang sejajar. Oleh karena itu, wanita berhak
mendapatkan pendidikan yang setara dengan pria. Semangat juang beliau
diwariskan kepada wanita Indonesia pada saat ini adalah ....
a. R.A. Kartini menginginkan agar
kaum pria memberikan hak-hak pendidikan kepada kaum wanita. Wanita pantas
mendapatkann kesempatan meningkatkan pendidikan.
b. R.A. Kartini menginginkan agar
wanita Indonesia bisa menjadi pribadi mandiri tanpa harus bergantung pada kaum
pria. Kemandirian wanita diperlukan agar Indonesia bisa maju.
c. R.A. Kartini menginginkan
supaya kaum pria memperhatikan hak-hak wanita, Beliau meminta agar wanita
Indonesia diberikan kesempatan menunjukkan kemampuannya dalam berbagai bidang
kehidupan.
d. R.A. Kartini menginginkan agar
wanita Indonesia memiliki peran dalam pembangunan bangsa. Salah satu caranya
dengan memberikan hak pendidikan agar wanita Indonesia bisa bekerja sama dengan
kaum pria untuk membangun bangsa dan negara.
B. SOAL ESSAY URAIAN
1. Perhatikan wacana singkat berikut:
Piagam Jakarta yang ditetapkan Panitia Sembilan merupakan cikal bakal naskah Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. Namun demikian, ada perubahan naskah Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 yang disahkan PPKI dalam sidang PPKI I. Perubahan tersebut terdapat pada alenia keempat Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 yang memuat dasar negara. Dengan kata lain, terdapat perbedaan antara rumusan dasar negara yang ada dalam Piagam Jakarta dengan dasar negara yang ada dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.
Dari wacana tersebut, bandingkan rumusan dasar Negara dalam Piagam Jakarta dengan dasar negara yang ada dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945!
2. Keberagaman merupakan suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang.Perbedaan tersebut dalam hal suku,agama,ras dan antargolongan. Analisislah faktor penyebab keberagaman tersebut!
3. UUD tahun 1945 telah mengalami perubahan sebanyak empat kali. Bagaimana sistematika UUD tahun 1945 Setelah amandemen atau perubahan ?
4. Tuliskan 3 nama daerah di Indonesia yang menyandung status otonomi khusus atau istimewa!
5. Bagaimana proses penyusunan naskah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia? Jelaskan!
KUNCI JAWABAN ESSAY :
1. Sila Pancasila Piagam Jakarta
Sila Pertama “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk – pemeluknya”
Sila pertama Pembukaan UUD NRI tahun 1945
“Ketuhanan Yang Maha Esa”
2. Faktor penyebab keragaman masyarakat Indonesia
a. Letak strategis wilayah Indonesia
b. Kondisi negara kepulauan
c. Perbedaan kondisi alam
d. Keadaan transportasi dan komunikasi
e. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan
3. Sistematika UUD 1945 sebelum dilakukan perubahan.
a. Pembukaan, terdiri dari 4 alinea
b Pasal- pasal
4. 1) Yogyakarta
2) Berau
3) Bulungan
4) Surakarta
5. Poses perumusan naskah proklamasi kemerdekaan :
Teks Proklamasi terdiri dua alenia, alinea pertama disusun oleh Mr. Soebarjo alenia ke dua oleh Ir. Soekarno. Teks Proklamasi Kemerdekaan di tulis tangan oelh Ir. Soekarno diketk oleh Sayuti Melik
Demikikanlah contoh soal-soal PAT atau UKK yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat buat sahabat blogger semua.
Salamu'alaikum Wr. Wb..
0 Komentar