SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER 2
ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS 7
ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS 7
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam Sejahtera selalu....
Salam Berbagi Itu Indah, Memberi Manfaat itu Pahala...
Menjelang Penilaian Tengah Semester Genap atau biasa dikenal dengan Ulangan Tengah Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022, devientbelajar.blogspot.com mencoba untuk berbagi soal-soal untuk persiapan Penilaian Tengah Semester Genap, khususnya para siswa dan guru, umumnya para pembaca semuanya.
Berikut di bawah ini soal-soal Penilaian Tengah Semester Genap dalam bentuk Pilihan Ganda dan Soal Essay uraian Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk kelas 7.
A. SOAL PILIHAN GANDA
Pilihlah salah satu jawaban yang benar pada salah satu jawaban A, B, C, atau D
1. Perhatikan
tabel dibawah ini!
a. (1) dan
(2)
b. (1) dan
(3)
c. (2) dan
(3)
d. (3) dan
(4)
2. Sebuah
balok diukur ketebalannya dengan jangka sorong. Skala yang ditunjukkan dari
hasil pengukuran tampak pada gambar. Tebal hasil pengukuran adalah….
a. 3,19 cm
b. 3,14 cm
c. 3,10 cm
d. 3,04 cm
3. Perhatikan
gambar berikut ini!
Kelompok insecta adalah nomor....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
4. Perhatikan
perubahan materi yang terjadi di bawah ini:
(1) besi
berkarat
(2) beras
digiling menjadi tepung
(3) pembuatan
tape dari singkong
(4) pembuatan
garam dapur dari air laut
(5) Es batu
pada suhu kamar mencair
Perubahan
materi yang merupakan perubahan fisika adalah....
a. (1), (2),
(3)
b. (1), (3),
(5)
c. (2), (4),
(5)
d. (3), (4),
(5)
5. Berikut ini perubahan warna lakmus 5 larutan
Berdasarkan
tabel di atas, larutan yang bersifat asam adalah ....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 2 dan 5
d. 3 dan 4
6. Perhatikan
grafik berikut!
Berdasarkan grafik, banyaknya kalor yang dibutuhkan oleh 5 kg air dalam proses dari C ke D (kalor jenis air = 4.200 J/kgOC) adalah ....
a. 210.000 J
b. 420.000 J
c. 21.000.000
J
d. 42.000.000
J
7. Ahmad
mengamati buah kelapa yang jatuh seperti gambar berikut!
Sebuah
kelapa bermassa 1 kg jatuh dari pohonnya. Kesimpulan siswa yang tepat dari keadaan seperti gambar adalah….
a. energi
kinetik buah kelapa di posisi B 20 Joule
b. energi
kinetik buah kelapa di posisi B 30 Joule
c. energi
kinetik buah kelapa di posisi B 40 Joule
d. energi
kinetik buah kelapa di posisi B 60 Joule
8. Urutan
organisasi kehidupan dari terkecil ke terbesar yang benar adalah….
a. sel –
jaringan - sistem organ - organ – organisme
b. sel –
organ – jaringan – sistem organ – organisme
c. sel –
jaringan – organ – sistem organ – organisme
d. sel –
sistem organ – jaringan – organ - organisme
9. Berikut ini tabel hasil pengamatan sel
Keterangan: + = memiliki
- = tidak memiliki
Dari tabel di atas yang menunjukkan sel tumbuhan adalah …
a. P
b. Q
c. R
d. S
10. Perhatikan
gambar organ tumbuhan berikut!
Jaringan pengangkut tumbuhan salah satunya disebut
pembuluh tapis (floem) yang berfungsi untuk mengedarkan hasil fotosintesis dari
daun ke seluruh bagian tumbuhan ditunjukkan pada nomor…
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
11. Berikut
ini yang merupakan organ pokok pada tumbuhan adalah....
a. akar,
daun, dan bunga
b. batang,
bunga, dan buah
c. akar,
batang, dan biji
d. akar,
batang, dan daun
12. Organ penyusun sistem
pencernaan yang benar adalah….
a. mulut, lambung, dan usus
b. mulut, kerongkongan, dan
paru-paru
c. mulut, tenggorokan, dan usus
d. mulut, tenggorokan, dan
lambung
13. Pada
suatu ekosistem kebun terdapat:
(1) Sekelompok
cacing tanah
(2) 4 tanaman
bayam
(3) 1 ekor
kucing
(4) 12 ekor
ulat
(5) 16 ekor
katak
(6) 1 tangkai
mawar
(7) 7 ekor
kupu-kupu
(8) 1 ekor
kambing
Satuan makhluk hidup dalam ekosistem yang merupakan populasi adalah.…
a. (1),(2),(3),(4),(5)
b. (1),(2),(4),(5),(7)
c. (1),(2),(4),(5),(8)
d. (1),(3),(6),(7),(8)
14. Perhatikan gambar berikut!
Interaksi
antara komponen biotik dan abiotik suatu ekosistem seperti gambar adalah….
a. katak
melahap ikan
b. ikan
makan zooplankton
c. rusa
mengunyah rumput
d. teratai
terapung di air
15. Perhatikan gambar berikut!
Apabila populasi ular dalam ekosistem tersebut jumlahnya menurun karena diburu
oleh manusia maka yang mengalami dampak secara
langsung adalah….
a. tumbuhan
b. kambing
c. serigala
d. elang
16. Piramida makanan merupakan perbandingan jumlah
produsen dan konsumen. Pada piramida makanan normal, yang menempati dasar
piramida adalah….
a. produsen
b. konsumen tingkat I
c. konsumen tingkat II
d. konsumen tingkat III
17. Pada
tubuh kerbau banyak terdapat kutu yang menggangu kerbau. Kemudian kerbau
tersebut digembala, datang burung jalak hinggap di punggung kerbau sambil memakan
kutu dari punggung kerbau. Peristiwa ini termasuk simbiosis....
a. netralisasi
b. mutualisme
c. parasitisme
d. komensalisme
18. Bahan yang
menyebabkan munculnya pencemaran lingkungan disebut....
a. polusi
b. konservasi
c. polutan
d. limbah
19. Di desa Sukamaju telah
dibangun pabrik tapioka yang mengolah ubi kayu menjadi tepung. Limbah dari
pabrik tapioka ini dibuang di sekitar pabrik dan telah mencemari lingkungannya.
Selain lalat yang sangat banyak, masyarakat sekitar juga mencium bau menyengat
dari limbah ini. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi limbah tersebut
adalah….
a. membuang limbah dalam
lubang dan ditimbun
b. membuang limbah di tanah
lapang yang jauh dari pemukiman
c. mengolah limbah menjadi
makanan ternak
d. menambahkan zat kimia ke
dalam limbah agar tidak bau
20. Perhatikan
gambar di bawah ini !
Berdasar
gambar jika seseorang menghirup gas pencemar kendaraan selama beberapa menit
akan pingsan bahkan mati lemas, karena berkurangnya kemampuan hemoglobin
mengikat okigen. Hasil identifikasi gas pencemar tersebut adalah …..
a. CO
b. PO4
c. SO2
d. NO2
B. SOAL ESSAY URAIAN
2. Apa yang
terjadi jika produsen pada suatu ekosistem habis karena suatu bencana alam?
3. Logo 3R
dibawah ini sering kita lihat dalam kegiatan pengelolaan lingkungan.
KUNCI JAWABAN ESSAY :
1.
2. - Migrasi/perpindahan
konsumen ke ekosistem baru untuk mendapatkan makanan
- Kepunahan makhluk
hidup dalam ekosistem tersebut
- Terjadi ketidakseimbangan
ekosistem
* Pilih salah satu jawaban,tiap siswa dimungkinkan
memiliki jawaban beragam
3. a. Penjelasan
Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat
digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya.
Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan
sampah.
Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi
barang atau produk baru yang bermanfaat.
b. Contoh kegiatan dalam kehidupan sehari-hari
Reuse = penggunaan kembali
Contoh : - membuat tas dari
bungkus aluminium foil
- memberikan baju
kepada orang
- Botol sirup bekas digunakan kembali sebagai
botol air minum
Reduce = penghematan
Contoh : - penggunaan saputangan
untuk mengganti tissue
- tas belanja dari kain yang dapat digunakan berulang-ulang untuk
mengganti tas kresek
- Gunakan kedua sisi
kertas untuk penulisan dan fotokopi
Recycle = daur ulang
Contoh : - pengomposan dari
sampah organik
- membuat bijih plastik dari sampah berbahan plastik
- Pilih produk dan
kemasan yang dapat didaur ulang dan mudah terurai.
- Olah sampah kertas
menjadi kertas atau karton kembali.
Demikikanlah contoh soal-soal PTS Semester 2 yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat buat sahabat blogger semua.
Salamu'alaikum Wr. Wb.
0 Komentar