MATERI INFORMATIKA BAB I : A. Informatika Untuk Pelajar SMP

MATERI INFORMATIKA BAB I : A. Informatika Untuk Pelajar SMP

 



A. INFORMATIKA UNTUK PELAJAR

1. Apa dan Mengapa Perlu Belajar Informatika
        Istilah informatika sepadan dengan istilah dalam bahasa  Inggris informatics, computing, atau computer science.
        Informatika adalah bidang ilmu mengenai studi, perancangan, dan pembuatan sistem komputasi, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan tersebut.
        Informatika mencakup pemodelan dari komputasi dan aplikasinya dalam pengembangan Sistem Komputer.

2. Pengertian Komputasi
     Komputasi adalah ilmu yang berkaitan dengan pemodelan matematika dan penggunaan komputer untukmenyelesaikan masalah-masalah sains.
    Sedangkan menurut KBBI, komputasi adalah: (1) penghitungan dengan menggunakan komputer; (2) dalam matematika, penghitungan dengan menggunakan bilangan-bilangan atau peubah-peubah yang dilaksanakan berdasarkan urutan langkah yang diberikan.
        
3. Landasan Berfikir
      Landasan berpikir untuk belajar Informatika dinamakan berpikir komputasional (Computing Thinking). Berpikir Komputasional merupakan sutau kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan.
      Moda berpikir (tinking mode) ini didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan teoritis dan praktis, serta teknik untuk menganalisis, memodelkan, dan menyelesaikan persoalan.
        

4. Perkembangan Informatika
   Sekarang, di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, informatika sudah mulai diajarkan di tingkat pendidikan dini, dasar, dan menengah.
  Saat ini, manusia hidup di era digital yang sering disebut Industri 4.0. Dalam Industri 4.0, banyak hal  dilakukan oleh  manusia dengan memanfaatkan mesin  cerdas berbasis  komputer dan  internet.
    Masyarakat  sekarang  ini disebut Masyarakat 5.0 (Society 5.0f karena hidup di dunia fisik sekaligus  di dunia  siber (maya) saat melakukan kegiatan daring (dalam jaringan).
     Sebagai  contoh, dulu  orang  harus pergi ke toko atau ke pasar  untuk berbelanja. Penjual  juga harus  mempunyai bangunan  kios  atau  toko.  Pemilik  toko  mempekerjakan  pegawai untuk mengurus gudang, menjadi kasir, dan menangani berbagai pekerjaan lain. Pembeli juga harus  membawa uang tunai untuk membayar.
    Sekarang, orang bisa berbelanja dari rumah, tidak harus  pergi ke mana-mana walaupun tidak ada penjual keliling yang datang. Penjual juga bisa berjualan dari rumah tanpa perlu memiliki bangunan kios atau toko.

5. Apa Yang Akan Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika ?
   Informatika mencakup aspek teoretis dan praktis, mendorong  kalian untuk mengembangkan daya pikir kritis dan kreatif untuk  menghasilkan penemuan (invention) terkait komputer dan sistem komputasi.
     Dengan mengombinasikan prinsip, praktik, dan penemuan (principles, practice, and invention), kalian akan menjadi kreatif dan merasakan manfaatnya. Karena tidak hanya teoretis, penerapan  informatika akan memberikan “surprise”, baik karena  akan berefek bahwa produk menghasilkan sesuatu yang dapat  diamati dan berfungsi dengan baik secara intelektual, bahkan dapat memunculkan seni keindahan (“that is so beautiful”).
       Adapun materi yang akan dipelajari dalam Pelajaran Informatika adalah sebagai berikut :
    a.  Berfikir Komputasional (BK)
    b. Teknologi Informasi dan  Komunikasi (TIK),
    c. Sistem Komputer (SK),
    d. Jaringan Komputer dan Internet  (JKI),
    e. Analisis  Data    (AD),
    f. Algoritma  dan  Pemrograman  (AP),
    g. Dampak Sosial Informatika (DSI),
    h. Praktika Lintas Bidang (PLB).


Untuk mendapatkan file pdf di atas silahkan klik tombol di bawah ini :







         

Posting Komentar

0 Komentar