Cara Membuat Soal secara Online Dengan Google Formulir

Cara Membuat Soal secara Online Dengan Google Formulir

CARA MEMBUAT SOAL SECARA ONLINE
DENGAN GOOGLE FORMULIR



Assalamu'alaikum wr. Wb.
Salam Sejahtera Selalu

       Pada kesempatan ini, saya akan mencoba berbagi ilmu dengan teman-teman tentang bagaimana cara membuat soal dalam bentuk Onlinse dengan menggunakan Google Formulir (Google Form). Walaupun sedikit ilmu yang saya miliki, namun bisa bermanfaat. Amiinn.....
       Sebenarnya banyak sekali aplikasi yang bisa kita manfaatkan dan kita gunakan untuk membuat soal-soal secara online, baik yang free (gratisan) ataupun yang pro (berbayar), sebut saja contohnya Google Form, Zoho Challange, Quiz Star, Quiz Creator, That Quiz, QuizMe Online, Quiz Web, ataupun Quiz Egg dan masih banyak lagi aplikasi yang lainnya. 
      Namun kali ini saya hanya bisa berbagi dengan menggunakan aplikasi yang sederhana dan gratis, dan yang terpentin mudah digunakan serta dapat dipahami oleh teman-teman yang khususnya (ma'af..) awam dalam dunia blogger. (termasuk saya....he...he...he...)
      Agar tidak banyak ucapan yang nggak jelas, langsung saja kita bisa menggunakan fasilitas yang disiapkan oleh Google yaiut "Google Form (Google Formulir)". Google Form biasanya digunakan untuk membuat formulir survey yang dibagikan secara online, namun demikian google form juga dapat digunakan untuk membuat soal ujian online bahkan bisa dilengkapi dengan batas waktu pengerjaan soal, berikut nilai / point untuk masing-masing soal, sehingga kita (guru) tidak perlu repot-repot mengoreksi. 
Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka (Login) gmail anda (kalau belum punya akun gmail, silahkan buat terlebih dahulu)
2. Buka Google drive anda (bisa ke http://drive.google.com)
3. Klik tombol baru (atau kalau bahasa inggrisnya New)
4. Akan muncul menu drop down, pilih lainnya, pilih Google Form (Google Formulir)
1.
  • Jika pertama kali memakai, akan muncul tawaran TUR, boleh diabaikan dengan cara klik tombol lain kali, lalu akan muncul form isian, tinggal isi saja.
  • Soal bisa pilihan ganda, isian, dan lain-lain, bisa disisipi gambar, video, bisa dibuat soal yang wajib di isi atau tidak. Setelah selesai satu saol, kalo mau menambahkan tinggal klik tanda +, kalau selesai bisa disetting soal-soal tersebut dengan klik salah satu tombol di bawah ini :
  • Silahkan pilih sesuai selara anda :
  • Pengaya, yang berisi choice eliminator 2 dan doc Appender 
  • Pallet Warna, untuk mempercantik tampilan dengan mengubah warna
  • Pratinjau, untuk melihat bagaimana kuis online ditampilkan di layar komputer 
  • Setelan :
    2.
3. Setelan, untuk mengatur bagaimana settingan kuis (soal online kita) yang terdiri dari beberapa menu penting seperti apakah siswa harus login dan hanya dapat memberikan 1 kali tanggapan saja, notifikasi apakah jawaban sudah terkirim atau belum, apakah siswa dapat melihat skornya, dan lain-lain.

  •  Langkah selanjutnya adalah klik menu tanggapan yang terdapat di sebelah kanan menu pertanyaan pada formulir soal kuis anda.
  • Akan terbuka tab tanggapan seperti gambar dibawah ini. Lalu aktifkan tanggapan (artinya menerima jawaban yang diberikan siswa) sehingga tombol tanggapan berwarna ungu.
  • Tanda titik 3 buah yang berderet ke bawah adalah untuk mengambil jawaban siswa, dengan mengkliknya nanti, kita bisa mendoenload jawaban yang diberikan siswa setelah siswa mengikuti ujian Online dalam bentuk file Excel.
5. Simpan, Lalu kirim.
    Bisa ambil link saja untuk disebar (dibagikan)


Demikian artikel yang bisa saya bagikan, mudah-mudahan bisa membantu teman-teman yang ingin belajar membuat soal secara online dan semoga bermanfaat.

Adapan untuk tutorial dalam bentuk video silahkan klik link d bawah ini :


Sumber  : mbahucritkakungchannel

Selamat Mencoba....

Baca juga cara membuat soal online dalam memberi batasan waktu ujian, klik disini : buka


Sumber  :





Posting Komentar

0 Komentar