MATERI INFORMATIKA BAB IV : D. PERMASALAHAN DAN SPESIFIKASI PERANGKAT KERAS

MATERI INFORMATIKA BAB IV : D. PERMASALAHAN DAN SPESIFIKASI PERANGKAT KERAS

 

D. PERMASALAHAN DAN SPESIFIKASI PERANGKAT KERAS

    Sebuah perangkat keras atau alat elektronik apa pun  tidak mungkin selamanya bertahan dan berfungsi dengan baik walaupun sudah dipakai dengan hati-hati. Ada berbagai kemungkinan kerusakan yang bisa saja terjadi.

    Ada kerusakan yang masih dapat diperbaiki, ada yang tidak bisa lagi. Selain itu, beberapa peranti elektronik tidak boleh dibongkar sendiri karena garansi hanya diberikan jika peranti dibuka oleh petugas dari penjual resminya.

    Tentunya, kita tidak berharap bahwa alat elektronik, terutama komputer, ponsel, tablet, apa pun rusak. Namun, berjaga-jaga dan mengenali berbagai jenis kerusakan perangkat keras ada gunanya sebab membuat kita bersiap-siap. Kita dapat membuat back up dengan dlashdisk sehingga jika terjadi kerusakan pada peranti, kita masih memiliki back-up.

Secara garis besar, permasalahan yang sering terjadi pada komputer adalah  :
1. Faktor Perangkat Keras (Hardware), kerusakan perangkat keras ini bisa disebabkan :
    a. Instalasi hardware belum benar seperti pemasangan kabel, jumper, slot, baut atau skrup dll.
    b. Kerusakan pada komponen hardware, seperti Processor, Motherboard, Memory, VGA Card, harddisk, dll.

2. Faktor Perangkat Lunak (Software), kerusakan perangkat keras ini bisa disebabkan :
    a. Kerusakan pada System Operasi
    b. Kerusakan pada Program Aplikasi
    c. Kerusakan pada Driver

Contoh Aktifitas :
Pemilihan  Spesiikasi  Komputer  Sesuai Kebutuhan
Kasus: Joko berprofesi sebagai editor video. Editor video biasanya melakukan editing video yang memiliki ukuran ile yang besar dan melakukan pemroresan video (rendering) yang lama. Suatu ketika, komputer PC Joko mengalami masalah ketika melakukan editing video, komputernya bermasalah sehingga ia memutuskan untuk membeli yang baru. Namun, ia hanya memiliki uang sebesar Rp5.500.000, dan ingin membeli komputer dengan processor Core i3. Ada beberapa toko dan ia bingung harus membeli yang mana. Untuk itu, ia meminta bantuan kalian untuk membantu membuat keputusan.
Joko mendapat brosur dari 4 toko penjual komputer sebagai berikut :

Joko ragu-ragu  dan meminta pendapat kalian lewat telepon. Menurut kalian, komputer yang ditawarkan toko mana yang cocok untuk Joko?
Tuliskan sebuah pesan singkat untuk Joko, yang isinya adalah toko yang paling kalian rekomendasikan, dan alasannya. Juga alasan mengapa kalian tidak memilih 3 lainnya.



Untuk mendapatkan file di atas silahkan klik tombol di bawah ini :


 


Posting Komentar

0 Komentar