MATERI INFORMATIKA BAB IV : E. BILANGAN BINER

MATERI INFORMATIKA BAB IV : E. BILANGAN BINER

 

E. BILANGAN BINER

        Sistem bilangan biner memainkan peran penting pada komputer karena bilangan biner ini adalah representasi semua jenis informasi yang disimpan di komputer. Memahami representasi biner dapat mengangkat banyak misteri dari komputer karena pada tingkat fundamental komputer sebenarnya hanyalah mesin untuk menghidupkan dan mematikan digit biner.

        Sebelum kita mempelajari tentang sistem bilangan biner, terlebih dahulu kalian telaah secara rinci  sistem bilangan desimal yang sering kita pakai. Dengan prinsip yang sama, kalian akan mempelajari sistem bilangan biner.
     Pertama, sistem bilangan desimal menggunakan 10 sebagai basis dan angkanya berkisar dari 0 hingga 9 sehingga jika melihat nilai tiga digit angka 287 (dua ratus delapan puluh satu), digit tersebut terdiri atas :

        Kita dapat melihat dari gambar di atas, dari kanan ke kiri, angka bertambah dengan faktor 10, atau dengan 10 pangkat bilangan terurut dari (0,1,2,3,..,dst)

Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut ini :
1. Konversikan bilangan desimal 7, 56, dan 134 ke dalam bilangan biner !
2. Ubahlah bilangan biner 01001, 10100 dan 1010111 ke dalam bilangan desimal !

Jawaban :
1. Bilangan Desimal ke Bilangan Biner
    a. Bilangan desimal 7
        
        Hasil Konversilan Bilangan 7 adalah 111

    b. Bilangan Desimal 56
        
        Hasil Konversilan Bilangan 7 adalah 111000
        
    c. Bilangan Desimal 134
        
        Hasil Konversilan Bilangan 7 adalah 1000010

2. Bilangan Biner ke Bilangan Desimal 01001
        
    Maka hasil dari bilangan biner 01001 adalah 9

Mesin Fax dan Modem
a. Faximile
        Mesin Fax atau Faximile adalah adalah alat yang dapat digunakan untuk mengirim atau menerima pesan dalam bentuk dokumen melalui kabel telepon analog atau pada perkembangannya bisa melalui jaringan internet.

        Mesin fax digunakan pada perusahaan, instansi dan lembaga. Terutama lembaga pertahanan dan perbankan. Ini dikarenakan data mereka sangat sensitif dan berbahaya jika dikirim melalui jaringan internet.
      Fungsi utama mesin faximile adalah untuk mengirim dan menerima pesan berupa dokumen. Terlebih dokumen tersebut adalah dokumen rahasia ataupun dokumen penting.

b. Modem
    Modem adalah kata singkatan, yang berarti Modulator dan Demodulator. Dirangkum dari Techopedia, modem merupakan perangkat jaringan yang membawa sinyal analog-digital sehingga bisa tersambung ke jaringan internet.
       Modem digunakan untuk menghubungkan komputer atau laptop ke jaringan internet. Di era sekarang ini, modem sering digunanakan bahkan dibutuhkan oleh masyarakat untuk bekerja dan mencari informasi.

        Modem berfungsi untuk mengubah sinyal analog ke sinyal digital, sehingga kita bisa tersambung ke jaringan internet. Selain itu, modem juga berguna untuk melakukan pemeriksaan paket data dan komunikasi.


Untuk mendapatkan file di atas silahkan klik tombol di bawah ini :

Posting Komentar

0 Komentar