MATERI INFORMATIKA BAB V : A. PENGENALAN JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET

MATERI INFORMATIKA BAB V : A. PENGENALAN JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET

 


A. PENGENALAN JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET

     Internet merupakan penemuan revolusioner yang mengubah dunia. Internet menghubungkan berbagai tempat di belahan dunia sehingga orang dapat berkomunikasi dengan mudah.
        Dahulu, 30 tahun yang lalu, orang berkirim surat, belajar, berdagang, periksa kesehatan, dan masih banyak hal lain harus dilakukan  secara  isik.  Saat  ini,  hal-hal  tersebut  dapat  dilakukan  dengan efektif dan eisien karena adanya internet.

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang terhubung dalam jaringan. Jaringan komputer memungkinkan komputer saling berbagi sumber daya dan bekerja sama melalui suatu protokol komunikasi. Komputer pada jaringan komputer terhubung dengan menggunakan media kabel, fiber  optik,  atau  media  tanpa  kabel  (wireless). Jaringan komputer memiliki berbagai tipe sesuai dengan cakupan luas areanya seperti: Local Area Network (LAN), Corporate Area Network (CAN), Metropolitan Area Network (MAN), Wide Area Network (WAN), dan internet.
        LAN ialah jaringan komputer lokal pada ruangan terbatas, seperti rumah, ruang tertentu, dan lainnya. CAN ialah jaringan komputer yang terbatas pada perusahaan tertentu, yang bisa terdiri atas beberapa LAN. MAN ialah jaringan komputer pada area kota metropolitan.  WAN ialah jaringan komputer yang lebih luas dari metropolitan dengan jaringan yang lebih handal.
Internet dikenal pada tahun 1849 dengan istilah internetted yang berarti interconnected. Namun, saat ini, istilah internet mengacu pada sistem jaringan komputer globalyang digunakan untuk berkomunikasi antarperangkat komputer maupun antarjaringan komputer menggunakan protokol TCP/ IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
        Asal mula internet berasal dari penelitian dan pengembangan teknik pemaketan dan pengiriman data (packet switching) yang dilakukan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada 1960-an.
Pada tahun 1990-an, internet berkembang menjadi internet modern yang mampu menghubungkan secara luas jaringan bisnis, perusahaan, institusi, komputer pribadi, dan telepon seluler. Jaringan internet digambarkan secara ringkas pada Gambar yang menghubungkan perangkat komputer secara luas dan bahkan mendunia. Internet biasanya digambarkan dengan gambar awan (cloud).
        Di Indonesia, contoh ISP adalah PT Telkom Indonesia (Indihome), Biznet, FirstMedia, dan lainnya, sedangkan untuk mobile internet operator adalah Telkomsel, XL Axiata, Tri, Smartfren, dan IM3 Ooredoo.
        Jika kita ingin terhubung dengan internet dan menggunakan semua sumber daya yang ada di internet,  kita harus berlangganan koneksi internet atau dengan membeli pulsa data. Ukuran kecepatan internet selanjutnya disebut lebar pita (bandwidth).

World Wide Web (WWW)
      World Wide Web yang sering disebut sebagai “web” atau situs web adalah sistem informasi/aplikasi yang dapat diakses menggunakan internet. Web diakses oleh pengguna menggunakan perangkat lunak yang disebut peramban web dengan menuliskan alamat web yang disebut Uniform Resource Locators (URL, seperti: https://www.informatika.org/).
        Halaman web berisi data dan informasi yang dapat memiliki hyperlinks/ links yang merujuk ke halaman web lainnya sehingga halaman web bisa menjadi saling terhubung. Contoh hyperlink adalah sebagai berikut: https:// www.example.org/index.html.
        Ketika mengakses situs web, sebuah peramban web akan membaca halaman-halaman web melalui protokol yang disebut HTTP (Hypertext Transfer Protocol) atau aturan pentransferan hypertext. Dengan hyperlinks inilah, seakan-akan pengguna 'meloncat' dari suatu halaman situs web ke halaman situs web yang lain. Proses meloncat dari satu tempat ke tempat lain melalui web ini sering disebut 'suring on the web' atau berselancar di web. 
        Internet telah melahirkan interaksi dan transaksi secara elektronik. Interaksi  dan transaksi itu di antaranya seperti berikut :

    1.   Surel
Electronic Mail (Email) atau dalam bahasa Indonesia disebut surat elektronik adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim surat/pesan melalui internet.
Kotak surat itu sendiri memiliki sebuah alamat sebagai pengenal agar dapat berhubungan dengan kotak surat lainnya, baik dalam bentuk penerimaan maupun pengiriman pesan. Pemilik mailbox sewaktu-waktu dapat mengecek isinya, menjawab pesan, menghapus, atau menyunting dan mengirimkan pesan surel. 
 
    2.   e-Banking
Electronic Banking atau e-banking dapat diartikan sebagai aktivitas perbankan di internet. Layanan ini memungkinkan nasabah sebuah bank dapat melakukan hampir semua jenis transaksi perbankan melalui internet.
 
Pada e-banking, biasanya diterapkan sistem keamanan yang ketat pada situs webnya agar tidak terjadi kejahatan perbankan.

    3.   e-Learning
Electronic Learning (e-Learning) merupakan sebagai sebuah bentuk penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah secara virtual (maya).
 
Dalam teknologi e-Learning, semua proses belajar-mengajar yang biasa ditemui dalam sebuah ruang kelas atau tatap muka secara langsung, dilakukan secara live atau online namun virtual. Artinya, dalam saat yang sama, seorang guru mengajar di depan sebuah komputer yang ada di suatu tempat, sedangkan para siswa mengikuti pelajaran tersebut dari komputer lain di tempat yang berbeda.
 
    4.   e-Commerce
e-Commerce adalah aktivitas penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet dan jaringan komputer. e-Commerce  dapat menjadi aktivitas transaksi jual-beli barang dan jasa baik dalam bentuk  barang  fisik  maupun  nonfisik.
Pada e-Commerce pembayaran juga dapat dilakukan dengan uang elektronik.

    5.   e-Government
e-government atau e-govt  adalah  suatu  upaya  untuk mengembangkan penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronik. Penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah (eksekutif ) yang dioptimalkan dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
 
e-Government dapat juga diimplementasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan pelayanan publik sehingga proses pemerintahan yang lebih terbuka dan transparan.




Untuk mendapatkan file di atas silahkan klik tombol di bawah ini :

Posting Komentar

0 Komentar