ADMINISTRASI GURU

ADMINISTRASI GURU

 



Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    
    Administrasi merupakan salah satu kewajiban yang harus dikerjakan seorang guru di dalam proses sebelum atau selepas aktivitas belajar serta mengajar.
        
    Sebagai seorang guru atau tenaga Pendidik tidak terlepas dari melaksanakan kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan juga terkadang memliki tugas tambahan. Tentu saja setiap pekerjaan apapun itu tentu harus membuat dokumentasi dari setiap pekerjaan yang dilaksanakan baik dari tahap perencanaan, proses dan juga pegolahan untuk mendapatkan sebuah hasil.
Tombol-tombol yang digunakan untuk mencetak

    Pentingnya administrasi tersebut untuk guru adalah sebagai bukti kinerja guru dan melalui administrasi tersebut guru dapat diilai atas kinerjanya dalam melaksaakan tugasnya sebagai tenaga pensdidik.

  Maka dari itu, devient belajar berusaha membantu teman-teman tenaga pendidik membuat sebuah Aplikasi adminitrasi Guru Mata Pelajaran sebagai referensi tambahan khususnya guru SMP dalam melengkapi Administrasi tersebut untuk dapat di edit dan disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan disekolah masing.    
Contoh Nilai 

    Aplikasi yang admin buat ini tergolong sangan mudah dipahami dan mudah digunakan dmengingat dalam format excel. Sehingga teman-teman guru dapat menggunakannya meskipun tanpa bimbingan dari team IT disekolahnya masing-masing.

   Adapun isi yang terdapat pada Aplikasi Administrasi Guru ini terdiri dari beberapa elemen yang diantaranya adalah :

   1. Daftar Nama Wali Kelas
Tombol ini digunakan untuk menginput daftar Wali kelas yang terdapat disekolah bapak/ibu guru masing-masing.

   2. Sampul
Berisi lember cover yang terdiri dari cover depan, cover absensi kelas, absensi kehadiran bagi guru mapel, dan absesni nilai,

   3. Daftar Nama Siswa
Tombol navigasi Daftar Nama siswa ini digunakan untuk mengedit dan mengganti nama-nama siswa yang terdapat didalamnya mulai dari kelas 7A sampai dengan 7H, 8A sampai dengan 8H, dan 9A sampai dengan 9H.

   4. Absensi Kelas
Tombol Absensi Kelas digunakan untuk mencetak Lembar Absensi Siswa bagi khususnya Wali Kelas yang membutuhkan Absesnsi Kehadiran siswanya di kelas semala 1 Semester.

   5. Absensi Guru
Tombol Absensi Guru digunakan untuk mencetak lembar kerja kehadiran Siswa pada saat guru mapel melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

   6. Nilai Pengetahuan
Tombol Pengetahuan ini merupakan file lembar Penilaian Pengetahuan Siswa pada saat Guru melaksanakan Proses KBM di kelas yang berjumlah 11 KD dan meliputi Tes Tulis, Tes Lisan Penugasan, PTS dan PAS/PAT  (masing kosong sehingga dapat digunakan seluruh mapel)

   7. Nilai Keterampilan
Tombol Keterampilan ini merupakan file lembar Penilaian Pengetahuan Siswa pada saat Guru melaksanakan Proses KBM di kelas yang berjumlah 9 penilaian yang meliputi Praktik, Proyek, Produk dan Porofolio (masing kosong sehingga dapat digunakan seluruh mapel)

   8. Nilai Sumatif IKM
Tombol ini difungsikan sebagai Penilaian Sumatif termasuk didalamnya penilaian Non Tes, Tes, Nilai SAS dan hasil Raport bagi sekolah-sekolah yang sudah menggunakana Kurikulum Merdeka.

   9. Nilai P5 IKM
Lembar kerja Nilai P5 ini digunakan untuk menginput nilai kegiatan PEMETAAN PROJEK PENGUATAN PEROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) yang meliputi 6 Dimensi dan mencakup Elemen-elemen penilaian di dalamnya.

  10. Jurnal Pendidik
Jurnak pendidik ini digunakan sebagai sarana bagi Guru Mapel untuk menginput proses kegiatan belajar mengajar selama di Adalam kelas termasuk didalamnya bukti fisik berupa foto kegiatan siswa (untuk Kurikulum Merdeka)

  11. Agenda Mengajar
Tombol Agenda mengajar ini digunakan untuk guru mapel yang ingin menginput kegiatan Proses selama KBM dikelas dan sebagai bukti fisik sejauh mana guru mengajar didalam kelas.

    Itulah beberapa tombol fungsi yang terdapat didalam Aplikasi Administrasi Guru Mata Pelajaran yang Mimin buat.

    Meskipun banyak kelemahan dan kekurangan dalam pembuatan aplikasi ini bahkan terbilang sangat sederhana, Mimin tetap berharap semoga Aplikasi Administrasi Guru ini dapat bermanfaat bagi Guru-Guru yang membutuhkan Aplikasinya silahkan download disini.

Terima kasih.

Salam Sejahtera Semuaya
Salam Berbagi Itu Indah, Memberi Manfaat Itu Pahala.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Baca Juga :



Posting Komentar

0 Komentar