MATERI INFORMATIKA BAB V : B. KONEKSI INTERNET

MATERI INFORMATIKA BAB V : B. KONEKSI INTERNET

 


B. KONEKSI INTERNET

        Internet adalah jaringan komputer global yang mampu menghubungkan komputer di berbagai belahan dunia. Ketika kita ingin menghubungkan peranti kita dengan internet, ada berbagai cara atau teknologi yang dapat kita gunakan.
        Diantara teknologi yang sering kita jumpai adalah menghubung- kan peranti kita dengan teknologi tanpa kabel yang sering disebut Wi-Fi atau Wireless LAN. Adapun teknologi untuk koneksi yang menggunakan ponsel disebut dengan Tethering.

1. Wireless LAN (Wi-Fi)
        Wireless LAN (WLAN) adalah jaringan komputer lokal nirkabel yang menghubungkan dua atau lebih perangkat menggunakan komunikasi nirkabel untuk membentuk jaringan area lokal (LAN) dalam area terbatas, seperti rumah, sekolah, laboratorium komputer, kampus, atau gedung kantor.
        Wi-Fi awalnya diciptakan untuk menghubungkan komputer yang dekat satu sama lain yang saat ini banyak digunakan untuk koneksi internet. Wi-Fi sering disebut Wireless Fidelity yang merupakan istilah umum yang mengacu pada standar komunikasi untuk jaringan nirkabel. Saat ini, perangkat komputasi bergerak, seperti laptop, ponsel, juga kamera digital, smart TV banyak yang dilengkapi dengan peralatan yang mendukung Wi-Fi.

AKTIVITAS PRAKTIKUM
Membuat Koneksi ke Internet melalui Wi-Fi atau Wireless LAN

Jika kita menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 10, kalian dapat menghubungkan komputer dengan jaringan tersebut dengan cara yang mudah.
Pada sistem operasi Windows 10, kalian dapat mengaktifkan layanan Wi- Fi pada laptop dan mengklik ikon  pada bar bagian kanan bawah layar komputer. Laptop akan melakukan scanning perangkat Wi-Fi yang berada dalam jangkauan.
 

Pada contoh scanning koneksi, muncul dua buah koneksi Wi-Fi, koneksi pertama dengan nama JKI dan koneksi kedua dengan nama Rumah Ungu.

Untuk membuat koneksi, kita dapat mengklik tombol Connect, atau juga bisa dengan mencentang Check Button Connect automatically dan klik tombol Connect. Selanjutnya, koneksi akan tercipta secara otomatis jika laptop ada pada jangkauan perangkat Wi-Fi. Setelah klik Connect, isikan password yang telah ditentukan, dan laptop akan terkoneksi dengan internet melalui jaringan Wi-Fi.

Langkah dalam mengaktifkan koneksi Wi-Fi di komputer melalui Control Panel:
a. Klik Start untuk membuka menu pada windows.
b. Pilih atau cari Control Panel.
c. Setelah berada di dalam Control Panel, pilih Network Connection. Maka, akan terlihat jaringan Wi-Fi yang tersedia dalam jangkauan.
d. Lalu, pilih salah satu Wi-Fi Hotspots yang tersedia.
e. Tekan Connect dan masukan password.

Jika kita menggunakan ponsel, langkah-langkah untuk mengaktifkan Wi-Fi ialah seperti berikut :
a. Untuk ponsel dengan layar sentuh, usap layar dari atas ke bawah, atau dengan memilih menu settings.
b. Sentuh lama ikon Wi-Fi. 
c. Aktifkan Wi-Fi dengan mengubah switch menjadi ON.
d. Ponsel akan mendeteksi jaringan Wi-Fi yang tersedia pada jangkauan ponsel.
e. Pilih jaringan yang terdeteksi. Isikan password jika memerlukan password (kata sandi).
f. Setelah terhubung, koneksi jaringan ini akan disimpan. Di kemudian hari, saat ponsel ada dalam jangkauan Wi-Fi aktif ini, ponsel secara otomatis akan terhubung ke jaringan ini

2. Wireless LAN (Wi-Fi)
    Tethering atau Phone-as-modem (PAM) adalah berbagi koneksi internet perangkat seluler (smartphone, tablet, dan lainnya) dengan komputer/ perangkat seluler lain. Tethering akan membuat perangkat seluler kita berperan sebagai modem (modulator demodulator).
        Modem adalah alat yang mampu menjadi media transimisi atau saluran untuk dapat berkomunikasi dengan perangkat lain, dalam hal ini modem akan menjadi media transmisi sehingga perangkat lain dapat terhubung dengan internet.
      Tethering membutuhkan ponsel yang memiliki chip Wi-Fi yang biasanya telah tertanam pada ponsel. Pada gambar di atas koneksi dengan tethering di mana smartphone (dengan logo Wi-Fi) berperan sebagai modem yang tampak seperti Access Point pada koneksi Wi-Fi pada subbab sebelumnya.

AKTIVITAS PRAKTIKUM
Aktivitas ini akan  membuat koneksi tethering dari laptop/komputer dengan menggunakan ponsel sebagai modem.

Koneksi tethering dibuat dengan langkah-langkah berikut :
Cara Pertama
a. Tampilan awal ponsel
b. Usap layar dari atas ke bawah
c. Klik Mobile Hotspot.
d. Atur sehingga mobile hotspot On.
e. Klik dan tentukan network name (nama akses poin), contoh: JKI, dan klik Save.
f. Klik dan tentukan password, contoh: Jki1234#, dan klik Save. Ponsel kalian sekarang telah menjadi modem, dan perangkat lain bisa melakukan koneksi dengan Tethering.
g. Scanning-lah koneksi Wi-Fi dari laptop, dan perangkat lain telah dapat mendeteksi akses poin JKI.

Cara Kedua
a. Pilih dan klik icon / menu settings atau pengaturan pada ponsel.
b. Pilih Connections.
c. Pilih Mobile Hotspot and Tethering.
d. Ada tiga pilihan untuk menghidupkan Tethering, yaitu Mobile Hotspot, Bluetooth tethering, dan USB tethering. Ketiganya bisa dilakukan. Untuk aktivitas ini, pilih mobile hotspot, dan hidupkan dengan geser switch ke On.
e. Tentukan network name (nama akses poin), contoh: JKI, dan klik Save.
f. Tentukan password, contoh: Jki1234#, dan klik Save. Ponsel kalian sekarang telah menjadi modem, dan perangkat lain bisa melakukan koneksi dengan tethering.
g. Perangkat lain telah dapat mendeteksi akses poin JKI.

AKTIVITAS KELOMPOK 5.B1
Thetering dengan Penggunaan Bluetooth atau Kabel USB

Setelah ditunjukkan cara Tethering dengan Wi-Fi, lanjutkan aktivitas kalian dengan melakukan tethering dengan koneksi bluetooth.




Untuk mendapatkan file di atas silahkan klik tombol di bawah ini :









Posting Komentar

0 Komentar