SOAL PTS B. INDONESIA KELAS 8 SEM.2

SOAL PTS B. INDONESIA KELAS 8 SEM.2

 

SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER 2
BAHASA INDONESIA
KELAS 8


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam Sejahtera selalu....
Salam Berbagi Itu Indah, Memberi Manfaat itu Pahala...

        Menjelang Penilaian Tengah Semester Genap atau biasa dikenal dengan Ulangan Tengah Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023, devientbelajar.blogspot.com mencoba untuk berbagi soal-soal untuk persiapan Penilaian Tengah Semester Genap, khususnya para siswa dan guru, umumnya para pembaca semuanya.
        
        Berikut di bawah ini soal-soal Penilaian Tengah Semester Genap dalam bentuk Pilihan Ganda dan Soal Essay uraian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia  untuk kelas 8.

A. SOAL PILIHAN GANDA
1. Untuk membuat sebuah ulasan, hal pertama yang harus dilakukan adalah ...
    a. Menuliskan hasil analisis
    b. Memahami objek ulasan
    c. Menentukan objek ulasan
    d. Membaca ulang hasil analisis

Perhatikan teks di bawah ini untuk menjawab soal no 2
Perahu kertas sebuah film yang diangkat dari judul novel yang sama karya dari Dewi Lestari. Kisah ini menceritakan tentang kejujuran hati, adanya perasaan yang terhalang oleh perasaan lain. Film ini dibintangi oleh artis remaja seperti Maudy Ayunda dan Adipati Dolken. Kisah di dalam film ini memang lebih banyak mengisahkan tentang cerita cinta anak remaja.  (Sumber: Anonymous)
2. Paragraf di atas menunjukkan bagian... dalam sebuah ulasan
    a. Pengamatan
    b. Pengenalan
    c. Penyimpulan
    d. Penyambung

Bacalah kutipan teks ulasan berikut dengan seksama
(1) Buku membungkus Mimpi ini hadir dalam rangka kita mau bermimpi lebih daripada itu, mungkin hal mustahil untuk dicapai saat ini, seperti yang kita tahu, tanpa berani memimpikan sesuatu, maka kita takkan pernah memeroleh apapun. Buku kecil ini merupakan kumpulan surat yang ditulis oleh penulis-penulis yang mempunyai segudang mimpi. Mimpi untuk dapat terbang dan menginjakkan kaki diberbagai negara di seluruh benua. Tentu ini merupakan mimpi yang tidak main-main karena berani untuk dituliskan. (2) Membaca surat pertama dalam buku ini, kita akan disuguhkan indahnya Korea Selatan. Lengkap dengan berbagai etika kesopanan yang mereka junjung tinggi, sehingga kedisiplinan yang mewarnai tiap sudut kota. Dalam akhir surat ini, penulis berharap suatu saat nanti akan dapat menyuguhkan kebiasaan baik ini di negeri tercinta. Indonesia. Tentu merupakan sebuah impian yang perlu dukungan semua.
Pada surat kedua, kita akan disuguhi dalamnya mimpi seorang anak. Ia mewujudkan impian kedua orang tuanya untuk berkunjung ke tanah suci. Tentu jika mendengar hal ini, kita semua akan mengatakan, siapa yang tak ingin membawa kedua orang tuanya ke sana?. Namun
3. Bacalah teks berikut!
Buku ini menceritakan berbagai macam hewan dan tumbuhan yang hidup di pantai. Pembaca tidak merasa kesulitan memahami isi buku. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar sehingga pembaca tertarik untuk membaca buku karya Edy  Karsono.
Kalimat berisi keunggulan yang paling tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah...
    a. Buku ini ditulis oleh penulis terkenal
    b. Buku ini sangat diperlukan oleh masyarakat
    c. Buku ini sangat tepat dipelajari oleh pelajar
    d. Buku ini ditulis dengan bahasa yang lugas

4. Berikut yang termasuk kalimat persuasif adalah ...
    a. Saya pergi bersama teman –teman ke sebuah acara pesta.
    b. Belajarlah dengan rajin agar kelak kamu menjadi orang sukses.
    c. Kemarin Dewi dan Rini bermain di taman kota.
    d. Ayah berserta ibu sangat menyayangi Ditha.

5. Bacalah teks berikut!
(1) Buku kumpulan sajak ini memuat 102 judul puisi. Penggunaan bahasa yang lugas tetapi mengandung makna dalam, misalnya Bunga-bunga  Di Halaman. Ini adalah gambaran kehidupan yang dikemukakan tampak ringan, tetapi dalam. (2) Sapardi memang lihai mengeksploitas alam ke dalam kertas. Alam sekitar seolah-olah berbicara dengan segala keluguhan dan keikhlasannya. (3) Buku ini memang agak sulit dipahami bagi mereka yang kurang mendalami seni sastra terutama puisi. Kata-kata harus dimaknai bukan yang dibunyikan karena simbol dari kata itu jauh lebih dalam. (4) Buku ini ditulis pada kertas koran, tetapi cover cukup bagus. Bahkan cover dengan gambar daun berjatuhan dan rinai air hujan sudah menggambarkan isi buku tersebut.
Pernyataan yang menyatakan keunggulan buku terdapat pada kalimat...
    a. (1) dan (2)
    b. (1) dan (3)
    c. (2) dan (4)
    d. (3) dan (4)

6. Bacalah kalimat berikut !
Jabatan sebagai Juru Kunci Gunung Panderman yang disematkan kepadanya sejak 2003 membuat dirinya lebih mudah..... masyarakat.
    a. Menyepakati
    b. Disepakati
    c. Merangkul
    d. dirangkul

7. Buku Ada Apa dengan Otak Tengah mengungkapkan rahasia di balik kehebatan otak tengah. Buku karya Nia Haryanto setebal 129 halaman ini diterbitkan oleh Gradien Mediatama.........Dalam kehidupan, manusia umumnya mendominasi penggunaan otak kanan atau otak kiri saja. Otak tengah memberi penyeimbang supaya kedua otak tersebut berfungsi seimbang.
Kalimat yang menyatakan keunggulan untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
    a. Buku ini menjelaskan cara kerja otak tengah.
    b. Kerja otak tengah dalam kehidupan sangat penting
    c. Buku ini ditulis dengan bahasa yang sederhana namun mengena.
    d. Banyak menggunakan istilah kedokteran yang mengganggu pemahaman pembaca.

8. Bacalah teks berikut!
(1) Cerpen-cerpen di buku ini ditulis Rendra dengan kesederhanaan bahasa, tanpa sedikit pun mengurangi keagungan cerita dan selipan makna. (2) buku Pacar Seorang Seniman ini diterbitkan Bentang Pustaka, tahun 2015.(3) buku setebal 183 halaman ini merupakan kumpulan cerpen. (4) naskah dalam buku ini hadir dengan penuh keautentikan, penyunting dan penerbit tidak pernah sekali pun berani mengutak-atik kalimat-kaliat bentukan Rendra.
Pernyataan yang menyatakan keunggulan buku terdapat pada kalimat...
    a. (1)
    b. (3)
    c. (4)
    d. (5)

9. Perhatikan data berikut!
    Judul buku     : Cerdas
    Penulis          : Purlan, S.Pd
    Tebal             : 48 Halaman
    Keunggulan   : Penulisannya jelas soal mudah dipahami siswa.
    Kelemahan    : Dilihat dari tingkat kesukaran, kurang
    Paragraf yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah ...
  a. Buku Cerdas dengan ketebalan 48 halaman yang ditulis Purlan, S. Pd. Sangat jelas penulisannya dan soalnya mudah dipahami siswa, namun tingkat kesukarannya kurang.
  b. Buku setebal 48 halaman ini sangat luar biasa walaupun mengungkapkan semua kesalahan bahasa dengan detail, tetapi pembahasan soalnya kurang.
   c. Buku ini menjadi pedoman awal bagi semua orang yang rajin belajar bahasa indonesia yang baik dan benar dengan memahami soal.
    d. Banyak kebenaran yang mengejutkan bahasa yang baik dan itu akan diuji dengan soal.

10. Perhatikan teks rumpang berikut!
Batik memang sering membuat orang kesengsem. Begitu juga dengan Hon Stephany Uy Tan. Wali kota Catbalong. Filipina yang mengunjungi Kabupaten Trenggalek. Wali kota perempuan tersebut bahkan.... belajar membatik.
Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah...
    a. Serius
    b. Tekun
    c. Antusias
    d. Emosional

11. Bacalah teks berikut !   
Sang Pemimpi adalah novel kedua dari tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Novel ini menceritakan kisah kehidupannya di Pulai Belitung yang dililit kemiskinan. Ada tiga remaja SMA yang bermimpi untuk melanjutkan sekolah hingga ke Prancis menjelajah Eropa hingga ke Afrika.......
Kalimat yang menyatakan keunggulan untuk melengkapi teks tersebut yang tepat adalah...
    a. Selain itu, buku ini juga mengajarkan tentang ketidakmungkinan yang bisa diwujudkan dengan kerja keras.
    b. Novel ini disajikan dengan bahasa yang luas ini mampu menyihir pembaca seakan-akan ikut merasakan kebanggaan dan kesedihan para tokohnya.
    c. Meskipun disebut sebagai buku kedua dari tetralogi Laskar Pelangi. Buku ini nyaris tidak ada hubungannya dengan Laskar Pelangi.
    d. Pada setiap bab, mulai awal hingga akhir, buku ini memiliki hubungan yang sangat erat.

12. Perhatikan data berikut!
Judul buku      : Buku Praktis Bahasa Indonesia
Penulis           : Dendi Sugono
Cetakan         : Agustus 2000
Penerbit         : Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional
Tebal              : 193 halaman
Keunggulan  : Bahasa mudah dipahami dan banyak memuat kosakata untuk menambah pengetahuan
Kelemahan    : penampilan sampul buku kurang menarik karena warnanya suram. 
Data tersebut termasuk struktur teks ulasan bagian ...
    a. Sinopsis
    b. Analisis
    c. Identitas
    d. Orientasi

13. Teks persuasif merupakan teks yang berisi tentang ...
    a. Ajakan
    b. Penjelasan
    c. Sistematis
    d. Propaganda

14. (1) Buanglah sampah pada tempatnya. (2) Olahraga yang teratur (3) Ayo berolahraga dengan teratur. (4) raihlah cita-citamu setinggi langit
Kalimat persuatif terdapat pada kalimat ...
    a. (1) dan (3)
    b. (3) dan (4)
    c. (3) dan (4)
    d. (2) dan (4)

15. Bacalah teks berikut !
Kelebihan novel ini membuat para pembaca dapat mengintrospeksi diri tentang kewajiban seorang anak memuliakan seorang ibu. Pembaca bisa lebih tahu perasaan seorang ibbu ketika anak-anaknya tidak berpihak padanya. Novel ini juga dikemas dengan bahasa yang mudah dimengerti sehingga para pembaca tidak sulit untuk memahami..........
Novel ini cocok dibaca oleh semua kalangan agar semua tahu bahwa ibu adalah satu-satunya orang yang tulus menyayangi kita tanpa pamrih, syarat dan menerima kita kapanpun. Ibu berkorban tanpa meminta imbalan, bahkan kita tidak sadar dan tidak tidak tahu bahwa seorang ibulah yang selalu mendoakan kita di mana pun kita berada. Alasannya seorang ibu selalu menginginkan anaknya sukses. Saat ibu telah tiada hanya doa anak yang saleh dan salehahlah yang akan selalu menyertainya. Mari doakan ibu kita.
Paragraf berisi kelemahan yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
    a. Hanya sangat disayangkan masih terdapat penulisan kata-kata yang kurang tepat.
    b. Pada awal kisah novel ini, sang penulis Wahyu Derapriyangga menceritakan perjuangan seorang ibu, yaitu Restiana untuk menghidupi dan mendidik anak-anaknya setelah suaminya meninggal.
    c. Kenyataan pahit yang ia alami itu bermula dari suaminya yang meninggal.
    d. Jangan buang ibu nak adalah novel karya Wahyu Derapriyangga yang menceritakan tentang perjuangan seorang ibu.

16. Apa fungsi fakta dan pendapat dalam persuasi ...
    a. Untuk menguatkan informasi-informasi yang terdapat pada teks
    b. Untuk memengaruhi pembaca agar tidak mengetahui himbauan penulis
    c. Untuk lebih meyakinkan pembaca sebelum mereka memperoleh bujukan atai himbauan
    d. Untuk memengaruhi pendengar setelah memperoleh bujukan

17. Struktur teks bagian penegasan kembali biasanya ditandai oleh ungkapan-ungkapan seperti....
    a. Oleh karena itulah, demikianlah, demikian
    b. Demikianlah, demikian,sejak itu
    c. Kalau begitu, oleh karena itulah, maka dari itu
    d. Kalau begitu, oleh karena itu, maka dari itu

18. Kalimat berikut yang merupakan kalimat persuasi adalah ...
    a. Kelas kami akan mengadakan study tour.
    b. Mengapa kamu membolos hari ini?
    c. Mari hidup rukun demi terciptanya lingkungan yang damai.
    d. Aku menolak hadir dalam acara tersebut.

19. Nah, untungnya kita sudah akrab dengan teknologi internet. Media inin memungkinkan kita untuk mencari informasi semua kebutuhan kita. Banyak situs di internet yang menyediakan berbagai informasi tentang seksualitas dan reproduksi bagi remaja. Hanya saja kemajuan teknologi biasanya bagai pisau bermata dua : dia bisa bersifat sebagai teman alias penyedia informasi yang tepat, tapi bisa juga sebagai teman yang malah justru menjerumuskan kita ke perubahan yang tidak baik. Nah! Sekali lagi kita harus hati-hati dan waspada dengan situs-situs yang akan kita kunjungi.
Termasuk struktur teks bagian apakah cuplikan paragraf di atas?
    a. Pengenalan isu
    b.  Rangkaian argumen
    c. Penegasan kembali
    d. Pernyataan ajakan

20. Berikut ini yang tidak termasuk langkah-langkah menulis teks ulasan karya sastra adalah ...
    a. Menentukan jenis karya sastra yang akan diulas
    b. Menilai isi karya sastra yang diulas
    c. Menaksir jumlah buku percetakan
    d. Menentukan bagian yang menatik dari karya sastra.

B. SOAL URAIAN
1. Tuliskan struktur teks ulasan secara urut!
2. Buatlah satu paragraf tek persuatif!
3. Dalam tek ulasan terdapat sinopsis, Apa yang dimaksud dengan sinopsis
4. Tuliskan ciri-ciri teks persuatif!
5. Buatlah satu kalimat fakta dan opini
    
    
SELAMAT BEKERJA
SEMOGA SUKSES...........






Demikikanlah contoh soal-soal Penilaian Tengah Semester Genap yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat buat sahabat blogger semua.

Salamu'alaikum Wr. Wb..
    

     

Posting Komentar

0 Komentar