MATERI INFORMATIKA BAB VI : A. MENGENAL DATA

MATERI INFORMATIKA BAB VI : A. MENGENAL DATA

 


        Analisis data merupakan sebuah proses investigasi, pembersihan, transformasi, dan pemodelan data menggunakan tujuan menemukan gosip yang bermanfaat, menginformasikan kesimpulan serta mendukung pengambilan keputusan.

        Analisis data sendiri memiliki poly segi serta pendekatan yang meliputi majemuk teknik dengan banyak sekali nama, serta dipergunakan dalam domain usaha, sains, serta ilmu sosial yang tidak selaras.

    1.   Apa Itu Data
Data berasal dari kata dalam bahasa Latin datum yang artinya adalah fakta, keterangan yang benar dan nyata yang dapat dikumpulkan dan dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan).
Dalam bidang Informatika, data disimpan dalam bentuk yang dapat diproses oleh komputer, seperti representasi digital dari teks, angka, gambar, grais, suara (audio) atau video. Data dapat bersifat kualitatif yang berarti menggambarkan sesuatu atau kuantitatif yang berupa informasi numerik (angka).
Data yang disimpan dapat ditampilkan dalam sajian (visualisasi) tertentu. Sajian data dapat dalam bentuk yang lain, misalnya data berupa tabel angka dapat disajikan dalam bentuk graik. Hasil sajian akan mempermudah untuk melakukan analisis dan interpretasi sehingga menjadi informasi yang berguna.
    2.   Satuan Ukuran Data
Data yang disimpan dalam komputer mempunyai satuan byte (B), KB, MB, GB, TB, PB dengan ekuivalensi sebagai berikut.
Itulah sebabnya, jika kalian membeli komputer atau media penyimpanan data seperti lashdisk,  harddisk,  compact disc (CD), dan lainnya, kalian bisa memilih kapasitas memori penyimpanan datanya.
    3.   Pengertian Analisis Data
Analisis data adalah proses pengumpulan dan pengorganisasian data untuk menarik kesimpulan yang berguna dari data tersebut. Proses analisis data menggunakan penalaran yang runtut, masuk akal, dan logis.
Tujuan utama dari analisis data ialah untuk menginterpretasi, yaitu menemukan makna dalam data sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat digunakan untuk mengambil keputusan yang tepat.
Untuk mendapatkan kesimpulan yang akurat, data harus relevan (ada hubungannya) dan jumlahnya mencukupi. Contohnya, menggunakan d ata warna mata untuk menyimpulkan usia seseorang adalah tidak relevan karena warna mata tidak ada hubungannya dengan usia seseorang.

    4.   Pengertian Interpretasi Data
Interpretasi adalah memberikan kesan, pendapat, atau pandangan terhadap sesuatu; interpretasi juga dapat berarti menafsirkan data sehingga data menjadi bermakna.
Prosesnya ialah dengan menganalisis, mempelajari hubungan antardata berdasarkan sudut pandang tertentu, dan menyimpulkan hubungan yang dipelajari.

    5.   Mengapa Perlu Menganalisis Data
Menganalisis dan menginterpretasi data diperlukan untuk menyimpulkan atau mengambil keputusan. Kalian akan dapat mengambil kesimpulan dengan baik berdasarkan data.
Contoh:
Kalian perlu membeli lashdisk karena secara rutin belajar dan hasilnya disimpan dalam komputer.  Rata-rata belajar dan menyimpan file per hari sebesar 500 Kbytes. Kalian mendapat informasi lashdisk yang tersedia sebagai berikut.
Flashdisk yang mana yang akan kalian beli agar cukup untuk menyimpan data hasil belajar selama 1 bulan? Dengan  catatan 1 Gbyte = 1.000 Kbyte.

    6.   Kegiatan Apa yang akan dilakukan terkait dengan Analisis Data
Kalian akan belajar untuk entry (merekam, meng-input, memasukkan) data hasil pengamatan atau data yang berasal dari sumber yang diberikan ke dalam format yang dapat diproses oleh komputer. Proses ini dapat dilakukan secara manual atau dengan memakai aplikasi lembar kerja.
Pada materi Analisis Data ini, kalian akan mempelajari bagaimana mengolah data menggunakan salah satu aplikasi lembar kerja, yaitu Microsoft Excel. Selain memanfaatkan aplikasi komputer, kalian juga akan mempelajari pengolahan data menggunakan kertas dan alat tulis saja.



Untuk mendapatkan file di atas silahkan klik tombol di bawah ini :



Posting Komentar

0 Komentar