MATERI INFORMATIKA BAB VI : B. PERKAKAS PENGOLAH LEMBAR KERJA

MATERI INFORMATIKA BAB VI : B. PERKAKAS PENGOLAH LEMBAR KERJA

 


1. Mengenal Perkakas
        Ketika membuka aplikasi Microsoft Excel pertama kali, akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Microsoft Excel sudah menyediakan beberapa template yang dapat langsung digunakan. Untuk aktivitas ini, pilih menu “Blank Workbook”

Blank Workbook akan menampilkan halaman worksheet kosong seperti gambar di atas. Untuk menyimpan dokumen Worksheet, pilih menu File lalu Save As. Biasakan segera menyimpan hasil kerja pada tahap penting dan tidak menunggu sampai selesai  agar kita tidak kehilangan hasil kerja.

Berikut adalah penjelasan lengkap terkait halaman Worksheet.
a. Bagian 1 menunjukkan Quick Access Toolbar. Bagian ini menampilkan menu/itur yang sering
    digunakan.
b. Bagian 2 menunjukkan Ribbon. Di sini, kita dapat mengatur banyak hal terkait aplikasi Microsoft
    Excel.
  • Ribbon berisi fungsi-fungsi yang dapat digunakan dalam Microsoft Excel. Terdiri atas banyak Tabs Menu.
  • Tabs menu yang ada secara default, yaitu: File,  Home,  Insert,  Page Layout,  Formulas,  Data,  Review,  View, dan Help. Apabila ingin menambahkan objek tertentu, ada Tabs tambahan yang tampil dan berisifungsi khusus untuk objek tersebut. Tabs ini disebut Contextual Tabs.
  • Pada setiap Tabs, fungsi yang ada dikelompokkan lagi ke dalam Group Menu. Contoh untuk Tabs Home, yang termasuk Group Menu adalah: Clipboard,  Font,  Alignment,  Number,  Styles,  Cells,  Editing, dan Ideas.
  • Ribbon dapat di-minimize serta di-customize isinya.
c. Bagian 3 menunjukkan Formula Bar. Di sini, terdapat alamat cell yang aktif beserta isi dan formula
    yang digunakan.
d. Bagian 4 menunjukkan worksheet yang terdiri atas kumpulan cell, yang terbentuk dari baris/row dan
    kolom/column. Di bagian ini, kita dapat melakukan pengolahan data melalui formula
e. Bagian 5 menunjukkan kumpulan worksheet. Dalam 1 file atau workbook, bisa terdapat banyak
    worksheet sekaligus.

2. Worksheet
        Setiap workbook dapat terdiri atas banyak worksheets. Setiap worksheet terdiri atas kumpulan cells, yang terbentuk dari baris/row dan kolom/column.

a. Cell dan Range
    Cell terbentuk dari titik pertemuan antara kolom/column dan baris/row. Huruf  menggambarkan  urutan
    kolom  dan  angka  menggambarkan  urutan baris. Contoh: cell D3, artinya cell berada di kolom D dan
    baris 3, yang menunjukkan alamat dari cell tersebut.
    Kumpulan dari beberapa cell disebut range. Contoh range: B4:B5, artinya cell terpilih adalah baris 4 
    dan 5 dari kolom B. Range dapat terdiri atas sekumpulan cell dari kolom yang sama (contoh: F2:F5), 
    Sekumpulan cell dari baris yang sama (contoh: C1:G1) maupun sekumpulan cell dari kolom dan            baris tertentu (contoh: A3:C5).

b. Olah worksheets
    Berikut adalah langkah cara dalam mengolah worksheet.
    1) Membuka Workbook
        Klik sebuah File Workbook, ataubuka sebuah Workbook kosong. Jika membuka Worksheet kosong,
        akan diposisikan pada sebuah Sheet1. Jika ile sudah ada sebelumnya, akan diposisikan pada sheet
        terakhir yang dibuka.

    2) 
Select
        Klik nama sheet yang dipilih. Worksheet aktif adalah Sheet1 dan Sheet2 menampilkan worksheet
        yang sedang disorot.
    3) Rename
        Cara-1: Klik kanan  di bagian worksheet yang dimaksud, lalu pilih menu Rename. Cara-2: Klik 2
        kali pada sheet yang aktif. Nama worksheet akan tampil dalam bentuk yang bisa diubah, 
        ketikkan nama barunya.
    4) Insert
        Untuk menambahkan worksheet baru, cukup menekan tanda tambah di samping worksheet paling
        kanan. Worksheet baru akan muncul di sebelah kanan  worksheet aktif.

    5) Move
        Untuk memindahkan posisi sebuah worksheet. Cara-1: pilih worksheet yang dimaksud, lalu tahan
        dan geser ke posisi baru yang diinginkan. Cara-2: klik kanan di worksheet yang akan dipindah, lalu
        pilih menu Move or Copy.

    6) Copy
        Menyalin persis sebuah worksheet secara utuh dapat dilakukan dengan copy worksheet. Klik kanan
        di worksheet yang akan disalin, lalu pilih menu Move or Copy.
        Cara-2 Move dan Copy :
        Sesudah menu Move or Copy ditekan, akan muncul dialog box di mana kita dapat memilih posisi
        barunya, lalu tekan OK. Apabila ingin menyalin Worksheet, jangan lupa menekan checklist Create 
        Copy, lalu tekan OK.


3. Freeze Panes
        Fitur ini dapat membantu untuk membuat baris atau kolom tertentu berada di posisi terkunci. Efeknya ialah baris atau kolom tersebut dapat selalu terlihat (freeze) walaupun halaman worksheets kita scroll lebih jauh ke bawah atau ke samping.
        Menu ini dapat diakses melalui tab View, lalu Freeze Panes. Ada 3 pilihan, yaitu:
a. Freeze Panes: mengunci baris dan kolom tertentu
b. Freeze Top Row: mengunci baris paling atas saja (baris 1)
c. Freeze First Column: mengunci kolom pertama saja (kolom A)
 
    Freeze Baris Pertama
    Dengan menu ini, kita dapat membuat baris pertama selalu terlihat walaupun halaman di-scroll ke bawah.
    Untuk mengaktifkannya, klik di tab View, lalu pilih menu Freeze Panes dan pilih menu Freeze Top Row.
    Hasilnya dapat dilihat ketika kita melakukan scroll ke bawah:
    Freeze Kolom Pertama
    Dengan menu ini, kita dapat membuat kolom pertama selalu terlihat walaupun halaman digeser ke samping,
    Untuk mengaktifkannya, klik di tab View, lalu pilih menu Freeze Panes. Lalu, pilih menu Freeze First Column.
    Hasilnya dapat dilihat ketika kita menggeser wosksheets ke samping.

    Freeze Baris dan Kolom tertentu
    Selain baris maupun kolom pertama, kita juga bisa mengunci baris atau kolom tertentu dengan memilih 
    menu Freeze Panes.
    Pilih baris tertentu atau kolom tertentu atau cell tertentu, lalu pilih menu Freeze Panes.

    Untuk melepas kunci terhadap baris tadi, kita dapat memilih Fitur Unfreeze Panes. Fitur ini akan muncul
    setelah kita berhasil melakukan kunci, terdapat baris/kolom/cell tertentu.

4. Cell References
    Dalam  file  worksheet, kita dapat mengambil data yang berasal dari cell lain. Dalam pemanggilan cell
    tersebut, terdapat tiga cara, yaitu relative, absolute, dan mixed references.
    Perhatian: Pemanggilan data maupun formula pada Worksheet selalu menggunakan tanda sama dengan 
    ("=") di bagian depan. Contoh: =A4 atau =A1+A2.

    Relative
    Relative references adalah pemanggilan cell standar pada ile worksheet.
    Relative references dapat berulang sesuai baris atau kolomnya apabila disalin ke cell lain.
    Perhatikan cell D5.
    Cell D5 berisi formula yang memanggil isi nilai cell B5 dan C5 (=B5+C5), artinya nilai pada cell D5
    dipengaruhi oleh nilai yang ada di cell B5 dan C5.
    Perhatikan juga cell D6.
    Cell D6 memerlukan proses penjumlahan yang sama dengan cell D5. Maka, kita dapat menyalin formula 
    pada cell D5 ke cell D6.
    Apabila formula disalin ke cell lain, relative references  akan berubah sesuai baris atau kolomnya.

    Absolute
    Absolute references ditunjukkan dengan adanya tanda $ di depan nilai baris dan kolom (misal: $F$12).
    Artinya, nilai cell F12 akan terus dipakai walaupun formula disalin ke cell lain.
    Contoh data yang digunakan adalah jumlah wisatawan yang masuk ke Indonesia dari tahun 2017 sampai 
    2019. Untuk menghitung nilai persen jumlah wisatawan dari setiap negara di ASEAN,   diperoleh dari 
    jumlah wisatawan per negara dibagi dengan jumlah total wisatawan dari semua data ASEAN. Jumlah 
    total wisatawan akan dianggap sebagai absolute references.
    Perhatikan cell G9.
    
    Formula pada cell G5 akan disalin ke cell G9. Hasilnya  ialah formula pembagian F9 dan $F$12 (cell F9
    berubah karena relative references, sedangkan cell F12 tetap karena termasuk absolute reference).
    Apabila formula disalin ke cell lain, mixed references akan berubah sesuai baris atau kolom mana yang 
    bersifat relative.
        
5. Format Cell 
    Di file Worksheet, kita dapat mengatur format tampilan untuk tiap cell-nya tanpa mengubah nilai dari isi cell
    yang ada. Secara umum, itur Format Cells ini dapat diakses dengan melakukan klik kanan pada cell yang 
    ingin diatur lalu pilih menu Format Cells.
    
    Lalu, akan muncul dialog box yang berisi pilihan untuk mengatur sesuai format yang disediakan. Format 
    yang dapat diatur terkait dengan Number, Alignment, Font, Border, Fill, dan Protection.

    a. Number
        Di tab Number, ada banyak kategori lainnya yang bisa diatur. Berikut akan dijelaskan beberapa kategori
        yang umum digunakan. Pengaturan angka dapat dilakukan langsung dari itur Number yang ada di tab 
        home.
  
Catatan: setting komputer: Indonesia

        Number
        Untuk mengatur tampilan angka. Yang dapat diatur ialah jumlah angka pecahan desimal dan apakah akan
        ditampilkan dengan pemisah (separator) ribuan.
        Penjelasan :
        Format-1: 2 digit pecahan desimal. 
        Format-2: 0 angka desimal, dengan pemisah ribuan
        Format-3: 2 digit pecahan desimal, dengan pemisah ribuan

        Dare and Time
        Tanggal dan waktu sebenarnya disimpan dalam angka, yaitu  jumlah hari yang dihitung sejak 1 Januari
        tahun 1900.
       
        Waktu adalah angka yang merepresentasi tanggal  dibagi dalam 24 jam per harinya.
        Tampilan tanggal dan waktu dapat diatur sesuai Calendar type, Location, dan Type-nya.
        Format tanggal yang digunakan bergantung pada setting komputer kita.
        Data tanggal dapat berupa DD/MM/YYYY atau YYYY/MM/DD, di mana: DD: 2 digit tanggal; MM: 2
        digit bulan; dan YYYY: 4 digit tahun.

        Currency & Accounting
        Mengatur tampilan khusus untuk keuangan
        Perhatikan contoh :
        Judul kolom menunjukkan format yang dipilih Comma Style atau pemisah ribuan dapat dipilih melalui tab
        Home menu Number.
        Symbol dapat menampilkan simbol mata uang dengan banyak pilihan.

        
Percentage & Scientiic
        Percentage dapat  membuat tampilan angka dalam bentuk persen.
        Scientiic mengubah tampilan angka dengan tambahan eksponen.

         Text
         Dengan format text, semua angka dan formula akan dianggap sebagai huruf. Untuk menampilkan angka 0
         di paling depan bisa menggunakan format ini.   

    b. 
Alignment
        Dengan ditur ini, kita dapat mengatur posisi dari isi Cells. Fitur ini juga dapat diakses dengan lebih mudah
        melalui tab Home itur Alignment.
        Posisi yang dapat diatur adalah posisi text secara horizontal dan vertikal serta arah dari text.
        Selain itu, dapat juga dipilih menu untuk (1) wrap text, yaitu agar isi text panjang dapat ditampilkan dalam
        seberapa baris dalam 1 cell yang sama; (2) shrink  to  it, yaitu agar isi text dapat ditampilkan  cukup 
        dalam 1 baris dan lebar cell tetap sama (ukuran font menjadi kecil); (3) merge cells, yaitu untuk
        menggabungkan dua  atau lebih cells menjadi 1 cell.

    c. Font
        Melalui itur ini, kita dapat mengatur tampilan dari text yang ada. Yang dapat diatur dan diubah adalah 
        pilihan font,  style, ukuran, warna, dan efeknya. Fitur ini juga dapat diakses langsung melalui tab Home 
        fitur Font.

    dBorder
        Fitur ini dapat diakses langsung melalui tab Home itur Font. Kita dapat mengatur tampilan dari cell, yaitu 
        apakah ada border, bentuk style garisnya, warna, dan posisi garisnya.


    eFill
        Melalui  itur  ini,  kita  dapat  mengatur  warna  cell. Fitur ini juga dapat diakses langsung melalui tab 
        Home fitur Font.
    dProtection
        Melalui itur ini, kita dapat mengunci atau menyembunyikan cell. Fitur ini baru akan aktif apabila kita juga
        mengatur untuk mengamankan Worksheet.

    
    
Aktivitas Individu 6.2
        Cocokkan pertanyaan dan jawaban berikut. Pilihan jawaban dapat digunakan lebih dari 1 kali.
        Pilihan Jawaban:
        Absolute Cell References; Fill Color; Format Accounting; Format Border; Format Date; Format Currency;
        Format Font; Format Number; Format Text; Freeze Panes; Mixed Cell References.

NoPertanyaan / Pernyataan    Jawaban
1. Fitur ini dapat memberi warna latar pada cell.     
2. Dengan itur ini, apabila menyalin suatu formula, hasilnya akan tetap sama.
3.$C$9 merupakan contoh dari ….
4.Dengan itur ini, kita bisa membuat data pada baris pertama akan tetap walaupun halaman sudah di-scroll ke bawah.
5. Dengan itur ini, angka 0 di bagian depan akan tetap ditampilkan.
6. Dengan itur ini, kita bisa membuat data pada baris dan kolom tertentu akan tetap walaupun halaman sudah di-scroll ke bawah.
7.Dengan itur ini, kita bisa mengambil nilai bilangan dari sebuah tanggal.
8.Dengan itur ini, kita bisa mengatur pemisah ribuan untuk suatu bilangan.
9. Dengan itur ini, kita dapat mengatur tampilan tulisan dengan efek coret.
10. Dengan itur ini, kita dapat menampilkan nilai uang dengan mata uang tertentu.


Demikian artikel materi Informatika Bab IV tentang Perkakas Pengolah Lembar Kerja  yang dapat saya bagikan semga bermanfaat.

Untuk mendapatkan file di atas silahkan klik tombol di bawah ini :


Posting Komentar

0 Komentar