MATERI INFORMATIKA BAB VI : D. PENGOLAHAN DATA LANJUTAN

MATERI INFORMATIKA BAB VI : D. PENGOLAHAN DATA LANJUTAN

        

        Fokus kegiatan ini ialah agar kita terbiasa dengan tambahan fungsi-fungsi di Worksheet. Kita akan diajak untuk mengolah dokumennya bukan hanya sekedar data. Kita akan mengikuti contoh yang tersedia lalu berlatih mengerjakan kasus secara  mandiri.

1. SORT
        Pengurutan (sort) dapat dilakukan untuk data angka maupun teks. Pengurutan juga dapat dilakukan berdasarkan satu atau beberapa kondisi.
        Contohnya, kita akan menggunakan data jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia berdasarkan kebangsaan pada tahun 2017.
        
        Untuk mengurutkan Data Berdasarkan 1 Kolom adalah sebagai berikut : 
  • Klik salah satu cell di kolom Jumlah
  • Lalu, pada tab Home kategori Editing, pilih Sort & Filter
  • Apabila data berupa angka, sorting dapat dilakukan sehingga data terurut dari terkecil atau terbesar.
  • Apabila data berupa teks, sorting dapat dilakukan sehingga data terurut dari A-Z maupun Z-A.
  • Pengurutan dari data paling kecil lalu makin membesar disebut ascending. Adapun pengurutan kebalikannya, yaitu dari data paling besar lalu makin mengecil disebut descending

        Mengurutkan Data Berdasarkan Banyak Kolom langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Apabila data yang ingin diurutkan lebih dari 1 kriteria, dapat menggunakan itur Custom Sort.
  • Level pengurutan dapat diatur. Hasil pengurutan yang ditampilkan dimulai dari level 1, lalu diurutkan berdasarkan level berikutnya.
  • Setiap level  juga dapat berbeda urutannya. Misal, level 1 menggunakan ascending dan level berikutnya menggunakan descending.
2. FILTER
        Fitur filtering / penyaringan dapat digunakan apabila data yang ingin ditampilkan memenuhi kriteria tertentu saja tanpa menghapus data yang lainnya.

Untuk menampilkan data yang ditampilkan hanya yang memiliki kriteria yang dipilih.
Pilih kolom data yang ingin di-filter, pada menu Sort & Filter, pilih Filter.

Ciri penggunaan fitur filter adalah header table data ada tanda panah drop down list seperti contoh.

Apabila tanda tersebut dipilih (klik), akan menampilkan pilihan data yang ada di kolom tersebut secara keseluruhan.
Pada pilihan, juga akan ada pilihan (Select All), yang artinya apabila di- check,   semua pilihan juga akan di-check.
Jika ada yang tidak ingin ditampilkan sementara, uncheck saja pilihan datanya.

3. DATA VALIDATION
    a. General
        Validasi data (data validation) adalah kegiatan untuk mengecek kebenaran dari data yang
        dimasukkan ke dalam lembar kerja.
        Data yang tidak memenuhi syarat tidak dapat di-input. Untuk membuat aturan yang akan 
        menjadi syarat validasi data, dapat mengikuti langkah berikut.

        Langkah :
        Pilih dulu cell yang akan diatur, lalu pada tab Data, di kategori Data Tools, pilih Data Validation.

        Akan muncul dialog box baru, dan pengaturan dilakukan di sini.
        Kriteria validasi yang dapat diatur sesuai gambar.

        Kita akan mencoba untuk kriteria Whole number.
        Kita dapat mengatur berapa range nilai yang dapat diterima.
        Contoh kriterianya adalah nilai dari 0-5,000,000 saja yang boleh di-input,  nilai Minimum diisi 0 
        dan nilai Maximum diisi 5000000.

        Apabila  cell yang telah diatur validasinya di-hover, dapat menampilkan pesan tertentu.
        Pengaturan pesan tersebut dapat dilakukan pada tab Input Message di dialog box yang sama.
        Contoh :
        Cell yang divalidasi adalah cell B10 Input message juga telah diatur Ketika cell B10 di-hover,
        akan menampilkan pesan sesuai yang diatur sebelumnya.

        Kita juga dapat menampilkan pesan error apabila data yang di-input tidak sesuai kriteria.
        Pesan tersebut dapat diatur pada tab Error Alert masih dari dialog box yang sama.
        Ketika cell B10 di-input dengan data lebih dari 5,000,000,  akan muncul pesan erornya.

    b. Duplikasi Data
        Data yang di olah bisa saja masih memiliki data yang sama persis atau disebut duplikasi data.
        Apabila sudah terlanjut memiliki data yang mengandung duplikasi, kalian dapat melakukan
        penghapusan data.
        Pada Worksheet Worksheet kalian juga dapat melakukan pencegahan duplikasi untuk memudahkan
        proses analisis berikutnya.
        
        Langkah-langkah dalam pencegahan duplikasi :
        Pilih dulu range cell yang nantinya dapat di-input oleh pengguna.

        Pada tab Data, di kategori Data Tools, pilih Data Validation dan akan muncul dialog box baru. 
        Pilih Custom pada bagian Allow dan gunakan formula COUNTIF untuk memastikan data tidak
        boleh lebih dari 1 (tidak ada yang sama).

        Tab Input Message dan Error Alert dapat diisi sesuai keinginan dan caranya sama seperti
        pembahasan sebelumnya
        Apabila kalian mengisi kode yang sama, akan menampilkan pesan error.

        Langkah-langkah dalam penghapusan duplikasi :
        Kita juga dapat menghapus data yang duplikat, caranya adalah:
        Pilih dulu data yang akan dicek lalu pilih menu Remove Duplicates pada tab Data kategori 
        Data Tools.


        Akan muncul dialog box baru dan pilih pengecekan duplikasinya berdasarkan kolom apa.

        Apabila memang terdapat duplikasi data, akan muncul alert seperti ini:
        Alert dilengkapi dengan hasil penghapusan data yang duplikat.

        Alert dilengkapi dengan hasil penghapusan data yang duplikat.

4. SHARE ADND PROTECT
        Share data yang dimaksud adalah data hasil pengolahan di Worksheet dapat dibagikan secara cetak (print) atau disalin ke aplikasi lainnya (copy).
        Protect data dapat dilakukan dengan protect sheet atau workbook secara keseluruhan.

a. Print
    Halaman worksheet yang sudah dibuat dapat dicetak. Pilih tab File, lalu menu Print. Kalian dapat
    mengatur beberapa hal sebelum melakukan proses cetak. Berikut penjelasannya.
    Apabila terdapat lebih dari 1 halaman, kalian juga dapat menentukan ingin mencetak halaman yang
    mana.
    Bagian A : Menentukan berapa banyak kalian ingin mencetak dokumen tersebut.
    Bagian B : Menentukan dengan printer mana kalian ingin mencetaknya. Kalian juga dapat menambah
                      printer lain yang sudah terhubung.
    Bagian C :  Bagian Setting yang pertama untuk menentukan bagian mana yang ingin dicetak, yaitu :
                     sheet yang sedang aktif, keseluruhan workbook, bagian yang terpilih saja, atau hanya
                     bagian yang terpilih yang tidak tercetak.
    Bagian D : Menentukan ingin mencetak di 1 sisi halaman saja atau di ke-2 sisi halaman.
    Bagian E : Menentukan bagaimana hasil cetakannya dikeluarkan. Misal, ingin mencetak 2 x
                      dokumen yang berisi 3 halaman, dapat memilih hasil cetak berurut semua halaman
                      (halaman 1, 2, 3, lalu cetak lagi halaman 1, 2, 3) atau cetak semua per halaman (halaman
                      1, 1, lalu cetak halaman 2, 2, lalu cetak lagi halaman 3, 3).
    Bagian F : Menentukan posisi cetaknya, antara portrait (memanjang ke bawah) atau landscape
                     (memanjang ke samping).
    Bagian G : Menentukan ukuran kertas untuk hasil cetakannya.
    Bagian H : Menentukan margin dari isi halaman.
    Bagian I  : Menentukan ukuran skala dari dokumen asli dan hasil cetakan, yaitu cetak sesuai ukuran,
                      semua tercetak dalam 1 halaman (ada kemungkinan tulisannya menjadi kecil sekali),
                      semua kolom dalam 1 halaman, atau semua baris dalam 1 halaman.
    Bagian J : Menampilkan preview hasil yang akan dicetak.
    Bagian K : Menampilkan jumlah halaman yang akan tercetak. Kalian dapat memilih halaman dan
                     hasilnya akan tampil di bagian J.

b. Header & Footer
    Mengatur header dan footer, bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu dari tab Page Layout menu Page Setup atau tab View menu Page Layout.
    * Akses dari tab Page Layout
       Pilih tab Header/Footer dan menu Custom Header atau Custom Footer untuk mengaturnya.
       Kalian dapat mengatur header dan footer untuk bagian kiri, tengah, dan kanan.

    * Akses dari  tab View
       Klik Add header (untuk footer, ada di bagian bawah halaman, tampilannya Add footer). Sama
       seperti akses dari tab Page Layout, header dan footer yang dapat diisi ada 3 bagian, yaitu kiri, 
       tengah, dan kanan.
      Setelah memilih Add header atau Add footer akan tampil tab Design dengan pilihan menu sebagai 
      berikut:


c. Print Title
    Biasanya, yang selalu tercetak dalam tiap halaman ialah header dari table sehingga memudahkan
    pembacaan data hasil cetak.
    Contoh halaman berikutnya sebelum diberi print title.

    Untuk menambahkannya, kalian dapat akses melalui tab  Page Layout menu Page Setup, lalu klik
    fitur Print Titles. Kalian dapat mengatur baris mana yang akan berulang di bagian atas halaman dan
    kolom mana yang akan berulang di bagian kiri halaman.

    Contohnya: kalian akan membuat baris 1-3 untuk selalu berulang ke bawah dan kolom A untuk selalu
    berulang ke samping. Maka, hasilnya untuk data sebelumnya adalah seperti berikut.

d. Copy
    Ada 2 cara untuk melakukan copy dokumen, yaitu menggunakan paste dan paste link. Jika
    menggunakan paste biasa, apabila datanya berubah di workbook, di dokumen salinan (hasil 
    copy-nya) pun harus diubah satu per satu.
    Jika menggunakan paste link, kalian hanya perlu update table- nya saja. Untuk paste link akan
    dibahas kemudian.

e. Protect
    Fungsi ini dapat mengamankan dokumen dengan password, apakah yang diamankan hanya sheet
    tertentu saja atau keseluruhan workbook.
    1) Protect Sheet
        Fitur ini membuat sheet yang diamankan hanya dapat dilihat isinya, tetapi tidak dapat diubah.
        Caranya ialah klik kanan di nama sheet yang ingin kalian amankan atau dari sheet yang ingin
        kalian amankan buka tab Review, lalu di bagian Protect, pilih menu Protect Sheet.
        Setelah klik kanan, pengguna akan diminta untuk memasukkan password dan mengatur apa saja
        yang dapat dilakukan walaupun sheet telah diamankan. Password perlu diisi 2 kali untuk
        memastikan tidak salah ketik.

    2) Protect Workbook
        Dengan fitur ini, kalian masih tetap bisa mengubah isi dari Worksheet yang sudah ada, tetapi tidak
        bisa menambah/menghapus/mengubah sheet.
        Dari salah satu sheet yang ada, buka tab Review, lalu di bagian Protect, pilih menu Protect
        Workbook.

        Setelahnya, kalian akan diminta untuk memasukkan password dan re-password sesuai setting awal.
        Setelah workbook diamankan, apabila klik kanan di sheet, hasilnya ialah sebagai berikut.

Tugas Kelompok 6.4

Kasus kali ini kalian akan menggunakan data jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia menurut kebangsaan dari tahun 2017 sampai 2019.

Fitur yang harus dilengkapi seperti berikut.

  1. Data yang ditampilkan diurutkan berdasarkan Area lalu Negara.
  2. Data jumlah harus ditampilkan menggunakan pemisah ribuan.
  3. 2 baris pertama akan tetap terkunci walaupun halaman di-scroll ke bawah
  4. Perhatikan warna latar setiap cell.
  5. Buat tabel terpisah tentang rangkuman jumlah per Area per Tahun.
  6. Header dan Footer untuk cetak laporan.

Hasil  Yang diharapkan :

    Yang diharapkan :
Apabila laporan tadi dicetak, akan menampilkan hasil berikut (contoh untuk halaman 2):




Demikian artikel materi Informatika Bab VI tentang Pengolahan Data Lanjutan  yang dapat saya bagikan semga bermanfaat.

Untuk mendapatkan file di atas silahkan klik tombol di bawah ini :




Posting Komentar

0 Komentar