B. EKSPLORASI FUNGSI DASAR
Aktivitas Individu 7.B.1
Aktivitas AP-K7-B.1: Jalan Tanpa Henti
Pada aktivitas ini, kita akan belajar tentang kode Control. Kita dapat mengatur berapa banyak kode berulang
dan
kondisi dari sprite. Dengan kode ini, diharapkan kita dapat mengatur kode
program dengan lebih baik.
Dengan kode Control yang tepat, akan membuat program
kita menjadi lebih nyaman untuk dijalankan.
Kita harus dapat membedakan
perulangan terbatas dan tidak terbatas. Selain itu, pengecekan kondisi juga
sama pentingnya.
JALAN TANPA HENTI
Langkah-langkah :
1. Kita dapat menambahkan kode looks next costume untuk mengubah tampilan
dari sprite sesuai
costumes yang ada.
2. Apakah ada sesuatu yang aneh?
Jawab: ...............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
3. Bagaimana membuat sprite kucing berhenti ketika mencapai ujung?
Notes :
* Gunakan kontrol kondisional dengan kode control if-then.\
* Di sini, kita juga menggunakan kode sensing untuk mengecek apakah objek
sudah menabrak
batas atau belum.
* Menggunakan operator “not” juga karena logika kondisinya ialah: selama
belum mencapai
ujung, sprite akan terus bergerak sehingga secara otomatis ketika sprite
mencapai ujung, sprite
tidak akan melakukan aksi apa pun.
Jawab: ...............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
4. Bagaimana caranya agar sprite kucing akan kembali ke titik awal (X:-190
dan Y:0) setiap
mencapai ujung, dan kalau belum ujung sprite akan terus
bergerak?
* Clue: gunakan control if-then-else
* Manfaatkan control “if-then-else” (kondisi logika: ketika mencapai ujung, sprite kembali ke titik
awal, kalau belum mencapai
ujung, akan terus bergerak).
Jawab: ...............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
5. Apa yang akan terjadi apabila blok “forever” dihilangkan?
Jawab: ...............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
Aktivitas Individu 7.B.2
Aktivitas AP-K7-B.2: Bermain dengan Suara dan Lebih Natural
Dalam pemrograman visual, penggunaan suara sangatlah penting. Hal ini dapat membuat hasil
visualisasi sebuah karya menjadi lebih hidup.
BUNYI-BUNYIAN
Langkah-Langkah :
1. Apa yang terjadi apabila kode program diubah menjadi seperti ini?
Jawab: ...............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
2. Apa yang terjadi apabila blok play sound ditempatkan sebelum blok
forever?
Jawab: ...............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
3. Selain menggunakan blok play sound, untuk menggunakan suara, dapat
menggunakan blok start
sound.
Kira-kira apa bedanya?
Jawab: ...............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
4. Kalau diperhatikan, sprite
kucing bergerak cepat (ini karena blok move hanya 10 langkah).
Bagaimana caranya agar
sprite kucing tetap bergerak setiap 10 langkah, tetapi lebih perlahan
jalannya?
* clue: gunakan blok control wait dan carilah berapa waktu yang paling baik
untuk membuat
sprite kucing seperti berjalan normal.
Jawab: ...............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
5. Apabila waktu wait makin besar, apa yang terjadi?
Jawab: ...............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
6. Jika diperhatikan, sprite kucing tersebut bergerak kaku.
Setiap sprite default dari
Scratch memiliki costumes atau bentuk yang lain disediakan. Kita dapat
memanfaatkan costumes ini agar sprite kucing bergerak dengan lebih natural. Bagaimana caranya?
Jawab: ...............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
Aktivitas Individu 7.B.2
Aktivitas AP-K7-B.3: Bermain dengan Latar Gambar
Kita dapat menambah background untuk tampilan. Background ini dapat digunakan
dari awal atau
dapat ditampilkan dari event tertentu dulu.
BUNYI-BUNYIAN
Langkah-langkah :
1. Apabila ingin menggunakan dari awal, pilih backdrop dari menu stage
2. Jika ingin menggunakan backdrop lainnya, dapat membuka tab Backdrops dan
memilih backdrop
apa yang ingin ditampilkan sejak awal.
3. Apabila ingin memanfaatkan event terlebih dahulu, tambahkan kode berikut.
Kode backdrop berada di bagian Looks. Dan backdrop harus tetap
ditambahkan dulu seperti
langkah sebelumnya.
Ketika bendera hijau di-klik, backdrop baru berubah menjadi Baseball 1
Demikian artikel materi Informatika Bab VII tentang Eksplorasi Fungsi Dasar yang dapat saya bagikan semga bermanfaat.
0 Komentar