MATERI INFORMATIKA BAB VII : B. EKSPLORASI FUNGSI DASAR

MATERI INFORMATIKA BAB VII : B. EKSPLORASI FUNGSI DASAR

    

 



B. EKSPLORASI FUNGSI DASAR
Aktivitas Individu 7.B.1

    Aktivitas AP-K7-B.1: Jalan Tanpa Henti
    Pada aktivitas ini, kita akan belajar tentang kode Control. Kita dapat mengatur berapa banyak kode berulang
    dan kondisi dari sprite. Dengan kode ini, diharapkan kita dapat mengatur kode program dengan lebih baik. 
    Dengan kode Control yang tepat, akan membuat program kita menjadi lebih nyaman untuk dijalankan. 
    Kita harus dapat membedakan perulangan terbatas dan tidak terbatas. Selain itu, pengecekan kondisi juga            sama pentingnya.
   
    JALAN TANPA HENTI
    Langkah-langkah :
    1. Kita dapat menambahkan kode looks next costume untuk mengubah tampilan dari sprite sesuai 
        costumes yang ada.

    2. Apakah ada sesuatu yang aneh?
        Jawab: ...............................................................................................................................................
                    ..............................................................................................................................................
    3. Bagaimana membuat sprite kucing berhenti ketika mencapai ujung?
        Notes : 
        * Gunakan kontrol kondisional dengan kode control if-then.\
        * Di sini, kita juga menggunakan kode sensing untuk mengecek apakah objek sudah menabrak
           batas atau belum.
        * Menggunakan operator “not” juga karena logika kondisinya ialah: selama belum mencapai
           ujung, sprite akan terus bergerak  sehingga secara otomatis ketika sprite mencapai ujung, sprite 
           tidak akan melakukan aksi apa pun.
        Jawab: ...............................................................................................................................................
                    ..............................................................................................................................................

    4. Bagaimana caranya agar sprite kucing akan kembali ke titik awal (X:-190 dan Y:0) setiap
        mencapai ujung, dan kalau belum ujung sprite akan terus bergerak?
        * Clue: gunakan control if-then-else
        * Manfaatkan control “if-then-else” (kondisi logika: ketika mencapai ujung, sprite kembali ke titik 
           awal, kalau belum mencapai ujung, akan terus bergerak).
        Jawab: ...............................................................................................................................................
                    ..............................................................................................................................................

    5. Apa yang akan terjadi apabila blok “forever” dihilangkan?
        Jawab: ...............................................................................................................................................
                    ..............................................................................................................................................


Aktivitas Individu 7.B.2
    Aktivitas AP-K7-B.2: Bermain dengan Suara dan Lebih Natural
    Dalam pemrograman visual, penggunaan suara sangatlah penting. Hal ini dapat membuat hasil
    visualisasi sebuah karya menjadi lebih hidup.
    
    BUNYI-BUNYIAN
    Langkah-Langkah :
    1. Apa yang terjadi apabila kode program diubah menjadi seperti ini?
  
        Jawab: ...............................................................................................................................................
                    ..............................................................................................................................................

    2. Apa yang terjadi apabila blok play sound ditempatkan sebelum blok forever?
        Jawab: ...............................................................................................................................................
                    ..............................................................................................................................................
    3. Selain menggunakan blok play sound, untuk menggunakan suara, dapat menggunakan blok  start
        sound.
        Kira-kira apa bedanya?
        Jawab: ...............................................................................................................................................
                    ..............................................................................................................................................

    4. Kalau diperhatikan, sprite kucing bergerak cepat (ini karena blok move hanya 10 langkah).
        Bagaimana caranya agar sprite kucing tetap bergerak setiap 10 langkah, tetapi lebih perlahan 
        jalannya?
        * clue: gunakan blok control wait dan carilah berapa waktu yang paling baik untuk membuat 
           sprite kucing seperti berjalan normal.
        Jawab: ...............................................................................................................................................
                    ..............................................................................................................................................

    5. Apabila waktu wait makin besar, apa yang terjadi?
        Jawab: ...............................................................................................................................................
                    ..............................................................................................................................................

    6. Jika diperhatikan, sprite kucing tersebut bergerak kaku. 
        Setiap sprite default dari Scratch memiliki costumes atau bentuk yang lain disediakan. Kita dapat 
        memanfaatkan costumes ini agar sprite kucing bergerak dengan lebih natural. Bagaimana caranya?
        Jawab: ...............................................................................................................................................
                    ..............................................................................................................................................



Aktivitas Individu 7.B.2
    Aktivitas AP-K7-B.3: Bermain dengan Latar Gambar
    Kita dapat menambah background untuk tampilan. Background ini dapat digunakan dari awal atau
    dapat ditampilkan dari event tertentu dulu.

    BUNYI-BUNYIAN
    Langkah-langkah :
    1. Apabila ingin menggunakan dari awal, pilih backdrop dari menu stage


    2. Jika ingin menggunakan backdrop lainnya, dapat membuka tab Backdrops dan memilih backdrop
        apa yang ingin ditampilkan sejak awal.

    3. Apabila ingin memanfaatkan event terlebih dahulu, tambahkan kode berikut.
        Kode backdrop berada di bagian Looks. Dan backdrop harus tetap ditambahkan dulu seperti
        langkah sebelumnya.
   
        Ketika bendera hijau di-klik, backdrop baru berubah menjadi Baseball 1



Demikian artikel materi Informatika Bab VII tentang Eksplorasi Fungsi Dasar  yang dapat saya bagikan semga bermanfaat.

Untuk mendapatkan file di atas silahkan klik tombol di bawah ini :


Posting Komentar

0 Komentar